Majukan Olahraga, KONI Pusat Apresiasi Porprov Sultra

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM --- Wakil Ketua KONI Pusat, Marsma TNI (Purn) Antonius Sunaryo, menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) karena turut membina dan memajukan olahraga melalui Porprov.

"Kepada KONI Provinsi terutama pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Tenggara, saya ucapkan selamat menyelenggarakan Porprov dan terima kasih atas upaya tanpa henti dalam membina dan memajukan olahraga," ujar Antonius pada pembukaan Porprov Sultra XIII di Stadion Gelora 45 Kolaka, Rabu (5/12/2018).

Ia berharap pada pelaksanaan Porprov Sultra tahun ini, para kontingen dari kabupaten/kota di Sultra tidak hanya sekedar menargetkan untuk menjadi pemenang dan meraih medali, namun juga berupaya menjaga sportivitas.

"Saya tidak pernah bosan untuk mengingatkan kepada para atlet, manajer, pelatih, dan panitia pelaksana pertandingan agar senantiasa menjaga sportivitas dan menjunjung tinggi fair play, sehingga melalui Porprov ini akan melahirkan para pemenang dan juara sejati," katanya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, Porprov Sultra merupakan kegiatan multi event yang dilaksanakan empat tahun sekali. Melalui Porprov, kata Ali Mazi, diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet Sultra yang mampu berjaya pada event-event nasional.

"Saya juga mendorong agar semangat hari ini dan sepanjang hari pelaksanaan Porprov dapat terus merambah seperti lambang dan semangat yang dipancarkan oleh api Porprov sehingga atlet-atlet Sultra dapat terus berjaya pada ajang nasional," katanya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei, dalam laporannya mengatakan, Porprov Sultra merupakan ajang untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini juga, kata Safei,  merupakan langkah awal untuk merekrut atlet Pra-PON Sultra.

Porprov Sultra XIII di Kabupaten Kolaka resmi dibuka oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, di Stadion Gelora 45 Kolaka, Rabu (5/12/2018).

Sebanyak 33 cabang olahraga akan dipertandingkan. Nantinya, para kontingen dari 17 kabupaten/kota akan bertanding sejak 5 hingga 14 Desember mendatang untuk memperebutkan 659 medali emas, 659 perak, dan 883 medali perunggu.

Untuk mendukung pelaksanaan Porprov Sultra di Kolaka, panitia Porprov juga menghadirkan tenaga teknik dari KONI Pusat.

Pembukaan Porprov Sultra XIII dimeriahkan oleh atraksi dari 12 penerjun payung pasukan khusus TNI AU. Aksi terjun payung sempat diwarnai insiden jatuhnya bendera Kolaka yang dibawa oleh salah satu penerjun.

Selain aksi terjun payung, sebanyak 133 drum band Gita Abdi Praja IPDN, serta 1260 penari se-Kabupaten Kolaka turut serta memeriahkan pembukaan Porprov Sultra XIII. (Azhar)




Artikel Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan