2019, RSU SMS BERJAYA Kolaka Beroperasi

-Kolaka-524 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Kolaka terus menggenjot pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) SMS Berjaya. Bupati Kolaka, H Ahmad Safei menargetkan awal 2019 RSU SMS Berjaya yang diproyeksikan sebagai Rumah Sakit rujukan di Sultra sudah dapat dioperasikan. “Saat ini pembangunan Tower I (satu) sudah dalam tahap finishing, Insyaallah awal 2019 sudah kita operasikan,” katanya baru-baru ini.

Menurutnya, pembangunan RSU yang berdiri diatas lahan 7 hektar  dilaksanakan secara bertahap dimulai tahun 2016, dimana dana awal pembangunan bersumber dari bantuan CSR PT Antam senilai Rp 72 miliar. RSU tersebut direncanakan terdiri dari 3 tower dimana setiap tower meliputi 4 lantai. “Untuk tower I dengan kapasitas 40 kamar sudah tahap finishing,” katanya.

banner 720x527

Selain tower I yang kini memasuki tahap finishing, pembangunan tower II juga sudah berjalan sejak Juli 2018,  yang anggarannya bersumber dari APBD tahun 2018 senilai Rp 30 miliar. “Untuk pembangunan tower II, keseluruhan akan menyerap anggaran sekitar Rp 117 Miliar,” katanya.

Safei menuturkan, meskipun rumah sakit SMS Berjaya sudah dioperasikan tetapi RSUD Benyamin Guluh yang ada sekarang tetap dipertahankan, bahkan fasilitas dan sumber daya manusia harus ditingkatkan.

Tak hanya menggenjot pembangunan fisik, Pemda Kolaka juga kini mendorong peningkatan sumber daya tenaga medis dan kesehatan. Salah satunya mendukung program pendidikan keahlian bagi 28 dokter, baik dalam negeri maupun luar negeri yang tuntas tahun 2020. “Saat ini ada 28 dokter yang kita kirim untuk mengambil spesalis,” katanya. (Azhar)

Topik Hari Ini