by

Disdukcapil Kolaka Musnahkan 15 Ribu e-KTP

-Kolaka-77 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka memusnahkan 15.039 e-KTP yang sudah tidak berlaku. Pemusnahan e-KTP  dilakukan dengan cara dibakar yang berlangsung di halaman kantor Disdukcapil Kolaka, Rabu (19/12/2018).

Kepala Disdukcapil Kolaka, Abdullah mengatakan, sepanjang tahun 2018, Disdukcapil Kolaka telah memusnahkan 16.439 keping e-KTP. “Sebelumnya pada 14 Desember kemarin, sebanyak 1400 e-KTP telah kami musnahkan, sehingga total e-KTP yang sudah kami musnahkan adalah 16.439 keping,” ujar Abdullah.

banner 720x527

Menurutnya, pemusnahan e-KTP yang sudah tidak berlaku lagi merupakan instruksi dari Kemendagri. Awalnya, kata Abdullah, e-KTP yang sudah tidak berlaku lagi dimusnahkan hanya dengan cara digunting. Tapi untuk menghindari penggunaan e-KTP diluar kepentingan, makanya pemusnahannya dilakukan dengan cara dibakar.

Meski telah dimusnahkan, Abdullah memastikan, pengganti e-KTP yang sudah dimusnahkan telah diterima oleh pemegangnya. Selain itu,  pemegang e-KTP yang masa berlakunya bukan seumur hidup, masih tetap berlaku selama belum ada perubahan identitas.”Namanya KTP elektronik, akan tetap berlaku seumur hidup selama belum ada pergantian identitas,” katanya. (Azhar)

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini