by

Ditolak Kolaka, Atlet ini Justru Sumbangkan 3 Emas untuk Butur

banner 720x720
Cabor Balap Sepeda

KOLAKA,TOPIKSULTRA.COM—Lomba balap sepeda pertandingan Porprov XIII di Kolaka, telah berakhir Selasa (11/12/2018). Namun, bagi sebagian warga Kolaka selaku tuan rumah, masih menyisahkan diskusi terkait sosok atlet balap sepeda putri yang meraih 3 medali emas.

Namanya Sitti Aisyah Uswatun H, pembalap tangguh Kelahiran Kolaka 9 Mei 1999, berhasil merebut 3 medali emas masing-masing dinomor ITT 20 Kilometer, Criterium 40 Kilometer dan Road Race 80 Kilometer. Yang ramai menjadi perbincangan warga Kolaka, karena ternyata Sitti yang berdomisili di Desa Unamendaa Kecamatan Wundulako, tidak memperkuat tim tuan rumah Kolaka dan memilih mewakili Kabupaten Buton Utara dan mempersembahkan 3 medali emas.

Kepada TopikSultra.Com, Sitti mengaku punya harapan besar untuk mewakili Kabupaten Kolaka, namun mendapat penolakan dari panitia balap sepeda Kolaka. “Mungkin karena baru, jadi tidak dikenal,”kata Sitti.
Mendapat penolakan satu kali, Sitti tidak pupus harapan, Sitti pun meminta bantuan pendekatan lewat pelatihnya, Sutoyo Lenohingide. Namun jawaban tidak ada respon dari pelatih dan panitia Kolaka. Alasannya, para pelatih Kolaka juga sudah punya atlet.

Sitti menuturkan, menjelang satu bulan tak ada juga kabar dari panitia dan pengurus balap sepeda Kolaka. Pelatih Sitti, Sutoyo Lenohingide akhirnya memutuskan mengirim Sitti untuk mewakili Kabupaten Buton Utara. “Dari pada saya tidak ikut main dengan satu tim, saya diminta pak Sutoyo mewakili Butur, karena Butur tidak ada atletnya,” katanya.

Sitti mengaku tidak pernah membayangkan bisa memboyong 3 medali emas. Namun, putri bungsu Hj Fatmawaty Gadjang Muh Amin ini, mengaku telah berlatih balap sepeda menempuh ribuan kilometer dalam kurun waktu satu tahun. Tak hanya berlatih mengayuh sepeda sekencang mungkin, namun Sitti mematok target waktu disetiap sesi latihan. “Untuk jarak 80 kilometer misalnya, saya target 3 jam,” katanya.

Hasilnya, pada pertandingan nomor road race jarak jauh 80 kilometer yang menempuh rute Kolaka -Pomalaa, Sitti berhasil finish diurutan pertama dengan catatan waktu 2 jam 18 menit. Dalam setiap sesi latihan meski tanpa didampingi pelatih, Sitti konsisten berlatih setiap hari, kecuali hari Senin dan Jumat. “Tapi kalau hari Senin dan Jumat saya manfaatkan untuk jogging dan angkat beban,” tuturnya. (R1)

banner 960x654 banner 720x720

Comment

Topik Hari Ini