by

Kejari Konawe Tempuh Jalur Kasasi Soal Putusan Bebas Terdakwa Sahrin

-Hukum-353 views

KONSEL, TOPIKSULTRA.COM – Kejaksaan Negeri Kabupaten Konawe menempuh  kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait vonis hakim pengadilan tipikor klas 1 A kendari, yang menjatuhkan vonis tidak bersalah terhadap Sahrin, terdakwa pelaku penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Soropia pada tahun 2011- 2013.

Kepala Kejaksaan Negeri Konawe, Saiful Bahri Siregar kepada Topiksultra.com mengungkapkan, persoalan hukum yang membelit Sahrin belum selesai.

banner 720x527

“Tuntutan jaksa penuntut Umum tidak  diterima majelis hakim,  makanya kami menempuh upaya kasasi,” tegasnya saat ditemui usai menggelar konfrensi pers penyampaian Rakornas Kejaksaan RI se Sulawesi Tenggara (13/12) di Hotel Wonua Monapa, Kabupaten Konsel.

Melalui kasasi itu, Saiful Bahri mengharapkan pandangan Hakim Mahkamah Agung sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

“Sekarang masih proses di MA kita tunggu saja,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Tenggara Mudim, menanggapi  putusan bebas Sahrin, mengaku menghargai putusan majelis yang menjadi  kewenangan hakim. Namun, jaksa penuntut juga punya kewenangan   menempuh jalur hukum lainnya.

“Apabila keputusan hakim jauh dari tuntutan penuntut umum maka kita akan menempuh jalur kasasi,” katanya.

Menurutnya, kalau putusan hakim berbeda dengan tuntutan jaksa,  itu karena perbedaan pasal. Karena itu kita harus mengarah kepada pembuktian yang sudah ada, berarti arah hukumnya sudah ada dan terbukti cuman pasalnya yang tidak tepat dan dibebaskan. 

“Namun ini bukan berarti terlepas dari proses hukum itu secara menyeluruh,” ujarnya.(R2)

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini