by

USN Bakal Buka Kampus II di Bombana

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM—Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bakal membuka Kampus II di Kabupaten Bombana.

Rektor USN Kolaka, Dr Azhari mengungkapkan rencana pembangunan Kampus II di Bombana akan secepatnya dilaksanakan, setelah proses pensertifikatan lahan rampung.

Menurutnya, lokasi untuk pembangunan Kampus II USN sudah ada, yang beralamat di Kecamatan Poleang Barat. Lokasi tersebut merupakan hibah dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bombana. “Lokasinya bukan kawasan hutan, tapi tanah bersertifikat yang dihibahkan masyarakat,” kata Azhari, di Aual Rapat Rektorat, rabu (12/12/2018).

Pihaknya, kata Rektor, tertarik mengembangkan Kampus II di Bombana karena dukungan pemerintah daerah yang sangat besar dan dibuktikan dengan adanya penyiapan lahan kampus seluas 40 hektar. “Dan kalau masih kurang akan ditambahkan lagi 10 hektar,” katanya.

Menurutnya, ada anggapan dan penilaian dari beberapa pihak yang tidak sependapat dengan rencana USN mengembangkan Kampus II di Bombana, karena pembangunan Kampus I di Tanggetada belum selesai. Namun menurutnya, pembangunan Kampus Tanggetada sebentar lagi akan selesai, lagi pula lahan di Tanggetada sangat terbatas hanya 30 hektar.

Menurutnya, apa yang dilakukannya untuk membangun Kampus II di Bombana bukan untuk kepentingan dirinya, namun untuk kepentingan negara dan daerah. “Siapa mau kasih tanah secara cuma-cuma begitu luasnya, disini negara yang diuntungkan,” katanya.

Selain itu, kehadiran Kampus II di Bombana bisa menyerap lebih banyak tamatan SMA di daerah sekitar untuk melanjutkan kuliah, tanpa harus keluar di daerah yang lebih jauh. “Nantinya bisa menyerap mahasiswa dari Kabaena, Muna Barat, Buton Selatan,” tuturnya. (R1)

banner 658x524

Comment

Topik Hari Ini