by

BPN Kota Kendari Jemput Bola Layani Pensertifikatan Tanah

-Kendari-262 views

Warga Lapulu Antusias Sambut Larasita Menyapa

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM – Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Kendari menggelar kegiatan mobil Layanan Rakyat Untuk Sertipikat Tanah (Larasita) Menyapa, kini program itu menyasar masyarakat Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

banner 720x196

Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus menjelaskan program Larasita Menyapa merupakan program baru BPN Kota Kendari dengan misi menjemput bola, kegiatan itu akan berlaku rutin dengan menyisir kantor kantor kelurahan di seluruh Kota Kendari.

“Menjemput bola itu kita turun ke masyarakat memberikan pelayanan melalui Mobil Larasita Menyapa,” ucapnya kepada Topiksultra.com (14/1)

Warga Lapulu saat mengantre mendapatkan pelayanan Larasita Menyapa.

Kegiatan Larasita Menyapa rutin diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Kamis setiap minggu yang dimulai dari Pukul 09:00 Wita sampai 14:00 Wita dengan memberikan pelayanan Menerima permohonan sertipikat tanah pertamakali, Permohonan pemisahan dan penggabungan, Permohonan pengukuran dan survey, Pemeriksaan tanah dan penelitian tanah, Survey pertimbangan teksnis pertanahan, Check plot dan Konsultasi pengaduan pertananan.

“Semua kita layani seperti halnya pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Kendari,” katanya.

Kepala Badan Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus menyerahkan Sertipikat tanah secara simbolis kepada salah satu warga Lapulu.

Menurut Irwan, kegiatan Larasita menyapa merupakan kreativitas dan kesiapan dari seluruh kariawan BPN Kota Kendari dengan membagi shift kerja antara kariawan dikantor dan kariawan di lapangan, termasuk menggandeng mitra BPN Kendari seperti dari UMKM dan pihak Perbankan. 

Pengukuran dan pematokan tanah warga di Kelurahan Lapulu.

“Kita bagi ada yang dilapangan tapi dikantor seluruh kegiatan tidak terganggu pelayanan kami tetap sama tidak mempengaruhi dengan adanya Larasita Menyapa ini, kemudian kami mengajak mitra agar masyarakat bisa memanfaatkan sertipikatnya menjadi modal usaha,” tambahnya.

Ditempat yang sama Lurah Lapulu meyampaikan apresiasai dengan kehadiran Larasita menyapa ini, karena warga Lapulu tidak perlu lagi ke Kantor BPN Kota Kendari untuk mengurus sertipikat.

Foto bersama Lurah Lapulu, BPN Kendari, pihak Bank BRI dan warga Lapulu.

“Kami sangat senang bekerjasama dengan BPN Kota Kendari dan ini juga memudahkan masyarakat kami mengurus sertipikat, harapan kami kedapan kerjasama seperti ini terus terlaksana,” ucapnya.

Salah satu warga Lapulu, Ibrahim juga menyampaikan apresiasi dengan progran Larasita menyapa, karena untuk mengurus sertipikat tanahnya tidak menghabiskan waktu yang panjang dan juga dapat berkonsultasi dengan pihak pertanahan.

“Kami senang sekali pak. Kegiatan ini memudahkan kami urus sertipikat, ini luar biasa. Sertipikat kami dapatkan di Kantor Kelurahan dan ini kami harap terus dilakukan oleh BPN Kota Kendari,” tuturnya. (Hendriansyah)

Comment

Topik Hari Ini