by

DBD Serang Sembilan Warga Kolaka

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM – Sembilan warga Kolaka terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), munculnya fenomena itu Dinas Kesehatan setempat mengklaim diakibatkan perubahan cuaca diwilayah Kolaka diawal tahun 2019.

Seperti disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka bahwa munculnya penyakit DBD dipicu perubahan cuaca, dimana intensitas hujan di wilayah itu meningkat diawal tahun 2019.

Sembilan kasus DBD itu tersebar di beberapa wilayah di Kolaka seperti pada Kecamatan Latambaga 1 kasus, Kecamatan Kolaka 2 kasus, dan Kecamatan Watubangga 6 kasus.

“Sampai saat ini sudah sembilan kasus DBD yang kami tangani, kita juga sudah melakukan fogging di daerah terebut,” tutur Madu, Kamis (17-1-2019).

Untuk menekan angka DBD, sambung Madu, Dinkes Kolaka telah berkoordinasi dengan para kepala desa untuk melaksanakan program menguras, menutup, dan mengubur (3M). Ia berharap, masyarakat Kabupaten Kolaka dapat melaksanakan program tersebut agar kasus DBD tidak menyebar ke wilayah lainnya.

“Program 3M itu merupakan instruksi Bupati Kolaka kepada para kepala desa sejak 2015 lalu, dimana setiap Jumat di setiap desa serentak melakukan kebersihan lingkungan. Kita harapkan dengan begitu bisa menekan perkembangan DBD,” katanya. (Azhar)

banner 720x250

Comment

Topik Hari Ini