by

Ini Patahan Gempa Bumi di Sultra yang Perlu Diketahui

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM—Sesar (patahan) serupakan pemicu terjadinya gempabumi. Itulah sebabnya banyak lokasi terjadinya gempabumi terletak di sekitar sesar. Di Sulawesi Tenggara terdapat beberapa sesar yang berponsi menghasilkan gempa kecil maupun gempa berkekuatan besar.

Menurut Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen, 2017) yang dirilis oleh Stasiun Geofisika Kendari setidaknya terdapat 4 sesar aktif di wilayah Sulawesi Tenggara.

“1 sesar aktif di Sulawesi Tengah yang aktivitasnya juga dirasakan hingga wilayah Sulawesi Tenggara (gambar pertama),” ucap Kepla Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia melalui siaran persnya (6/1).

Berikut daftar sesar berserta panjang dan sebarannnya.

1. Sesar Buton
Sesar Buton terletak di ujung selatan wilayah Sulawesi tenggara. Sesar ini terdiri atas dua segmen yaitu segmen A dan Segmen B. Segmen A melintang pada bagian timur Pulau Muna dengan panjang segmen mencapai 29 km. Sedangkan Segmen B melintang pada bagian barat Pulau Buton dengan panjang segmen mencapai 60 km

2. Tolo Thrust (Sesar Naik Tolo)
Sesuai dengan namanya, sesar tersebut berada di perairan Teluk Tolo yang merupakan bagian dari Laut Banda. Bentuk dari sesar ini menyerupai lengkungan busur yang melintang di timur daratan Sulawesi Tenggara. Sesar ini memiliki panjang segmen mencapai 120 km.

3. Sesar Lawanopo
Sesar Lawanopo melintang secara diagonal membelah daratan Sulawesi Tenggara. Letaknya berada di selatan Sesar Matano. Sesar ini memiliki panjang mencapai 130 km

4. Sesar Kendari
Sesar Kendari membentang di wilayah kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Letaknya di antara Sesar Tolo, Sesar Lawanopo, dan Sesar Buton. Sesar ini terdiri atas 3 segmen yaitu Kendari North, Kendari Central dan Kendari South. Segmen Kendari North memiliki panjang segmen mencapai 24 km. Segmen Kendari Central memiliki panjang segmen mencapai 11 km sedangkan segmen Kendari South memiliki panjang segmen mencapai 10km.

5. Sesar Matano
Sesar Matano terletak di Sulawesi Tengah dan merupakan perpanjangan dari Sesar Palu-Koro. Letaknya yang memanjang hingga utara Sulawesi Tenggara membuat aktivitas sesar ini sering berdampak hingga bagian utara Sulawesi Tenggara.

Sementara berdasarkan kompilasi dari peta geologi Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (2013), pelain kelima sesar di atas, pada referensi yang lain juga disebutkan sesar-sesar lainnya (gambar kedua), yaitu:

1. Sesar Kolaka
Sesar Kolaka berada di sepanjang Barat Laut – Tenggara provinsi Sulawesi Tenggara. Sesar ini melewati daerah di Kabupaten Kolaka dan sekitarnya hingga ke Kabupaten Konawe Selatan.

2. Sesar Konaweha
Sesar Konaweha memanjang dari Timur Kolaka Utara, kemudian melewati Barat daya Konawe dan berujung di Tenggara Konawe Selatan

3. Sesar-sesar mikro
• Sesar naik Sangi-sangi
Sesar sangi-sangi terletak di daerah Konawe Selatan sebelah Timur. Sesar ini merupakan sesar naik
• Sesar naik Labengke
Sesar ini memanjang dari Timur Laut sampai Tenggara Konawe Utara. (R2)

Comment

Topik Hari Ini