by

Konawe-DKI Jakarta Kerjasama Cetak Sawah

-Konawe-35 views
banner 960x654

KONAWE, TOPIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara menyambut baik ide kerjasama pencetakan sawah dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara di Kendari, Selasa (29/01/2019), mengatakan kerjasama pencetakan sawah sebagai terobosan baru dalam rangka mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

“Konawe menyambut baik peluang kerjasama sektor pertanian secara luas dengan DKI Jakarta karena luas lahan produktif masih tersedia. Kalau kerjasama cetak sawah terwujud, ini peluang baru bagi petani Konawe,” kata Gusli.

Potensi area persawahan di Kabupaten Konawe masih cukup tersedia pada 20-an wilayah kecamatan yang mencapai ribuan hektare, baik yang sudah dimiliki petani maupun yang belum bertuan.

“Area persawahan produktif masih mungkin ditingkatkan jika ada bendungan untuk mengairi sawah petani. Bendungan Ameroro yang dibangun sekitar 1980-sudah tidak maksimal melayani kebutuhan irigasi organik,” kata mantan Ketua DPRD Konawe tersebut.

Ketua DPRD Konawe DR Ardin mengharapkan Pemerintah DKI Jakarta serius bekerjasama dengan pemerintah daerah dan petani Konawe pada sektor pertanian.

“Ketersediaan lahan persawahan di Konawe tidak perlu diragukan karena faktanya masih cukup tersedia. Petani pun siap bermitra dengan investor yang menanamkan modalnya di sektor pertanian,” kata Ardin, Selasa (29/01/2019).

Ia memahami minat DKI Jakarta menanamkan modalnya di sektor pertanian di Konawe karena kemampuan keuangan kota metro tersebut mendukung.

“APBD DKI Jakarta per tahun mencapai puluhan triliun sehingga wajar mencari daerah-daerah yang cocok untuk menanamkan modalnya, baik sektor industri, pertanian secara luas maupun usaha jasa,” kata Ardin. (Mail)

Comment

Topik Hari Ini