Bangun Jalan Cakalang, Pemda Kolaka Siapkan 10 Miliar

-Kolaka-295 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM—Pemerintah Kabupaten Kolaka memulai pembangunan Jalan Cakalang, Kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa dengan anggaran pembangunan mencapai Rp 10 miliar.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei menyebutkan, peningkatan Jalan By Pass sampai Jalan Cakalang merupakan program lanjutan Pemda Kolaka untuk menghubungkan ibukota Kolaka dengan Kecamatan Pomalaa.

banner 720x527

“Saat ini ada tiga persimpangan di Jalan Cakalang, sehingga kita ingin luruskan agar pengendara dari By Pass yang mau ke Pomalaa tidak lagi berputar-putar,” ujarnya.

Kata Safei, panjang Jalan Cakalang yang akan diluruskan sekitar 540 meter dan akan dilebarkan dari 4 meter menjadi 24 meter. Pembangunannya ditargetkan rampung pada akhir 2019.

Saat ini, lanjut Mantan Sekda Kolaka itu, pemerintah telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Meski demikian, ia juga mengakui terdapat pro dan kontra terkait pembangunan jalan tersebut, sebab ada puluhan rumah warga yang akan terkena dampak.

Karena itu, pemerintah sudah menyiapkan beberapa alternatif, mulai dari mengganti lahan warga hingga membeli rumah warga yang terkena dampak pembangunan jalan. Ia berharap, pembangunan Jalan Cakalang bisa dipahami oleh masyarakat untuk kepentingan daerah Kolaka.

“Kami punya lahan dekat Pelabuhan Pomalaa, kalau ada warga yang punya lahan kena pembangunan jalan misalnya ukuran 20×30, silahkan ambil lahan disana dengan luas yang sama. Kalau rumahnya berupa rumah batu akan kita bongkar kemudian akan kita bayar dengan penilaian appraisal (penilaian, red). Kalau rumah kayu, akan kita kembalikan kepada pemiliknya. Kalau pemilik rumah mengatakan bahwa biaya bongkar saja yang diganti dan rumahnya nanti mereka pindahkan, maka akan kita lakukan. Tapi kalau mau dibeli rumahnya maka akan kita beli,” katanya. (Azhar)

Topik Hari Ini