by

Cegah Pemalsuan Dokumen, Disdukcapil Wakatobi Berlakukan Tanda Tangan Elektronik Barcode

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mulai berlakukan tanda tangan elektronik yang dibubuhi berupa barcode untuk lebih memudahkan dan mencegah pemalsuan dokumen.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, khusus kepengurusan dokumen Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) sejak satu April 2019 mulai berlaku tanda tangan barcode. 

“Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil mengeluarkan terobosan¬† tanda tangan elektronik yang dibubuhkan berupa barcode yang akan sulit untuk dipalsukan,” ucapnya (30/3) .

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), menurut Abdul Rahim, sudah dipastikan bahwa barcode yang dipakai sebagai pengganti tanda tangan dinyatakan asli dan tidak bisa dipalsukan.

“Tanda tangan bisa ditiru, kalau Barcode mau ditiru bagaimana,? karena setiap barcode yang diterbitkan terhadap KK dan Akte itu berbeda. Misalnya antara si A dan si B, barcodenya beda,” tambanhya.

Laporan : Ode Nafi

Comment

Topik Hari Ini