by

DBD Serang Warga Mubar, Sepanjang Ramadhan Bertambah Empat Orang

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terus menyerang warga Muna Barat (Mubar). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, Hidayat, mengaku sejak Bulan Januari 2019 penderita DBD tercatat sudah mencapai 12 orang. Penderita DBD ini terdiri dari anak-anak hingga mereka yang berusia dewasa.

“Bulan Januari dan sampai Februari tercatat 8 penderita DBD. 5 orang berasal dari Kecamatan Tiworo Tengah tepatnya di Desa Mekar Jaya, sedangkan 3 orang berasal dari Kecamatan Tikep, tepatnya di Kelurahan Waumere dan Desa Sidomakmur,” jelasnya saat ditemui Topiksultra.com diruangn kerjanya, Jumat (10/5/2019).

banner 720x527

Hidayat juga mengungkapkan, hingga memasuki Bulan Ramadhan 2019, penderita DBD terus bertambah dari 8 orang menjadi 12 orang.

“Bertambah lagi 4 orang, mereka dari Lawa dan Napano Kusambi,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya korban DBD, Dinkes Mubar langsung menurunkan tim medis dan bergerak cepat dengan melakukan fogging atau pengasapan ke rumah penduduk di Desa yang sudah diserang penyakit gigitan nyamuk DBD.

“Kita langsung lakukan pengasapan mulai dari rumah korban, 100 rumah dari arah kiri dan 100 rumah dari arah kanan rumah korban yang terkana penyakit DBD,” terangnya

Ia menghimbau kepada seluruh warga Mubar agar melakukan tindakan pencegahan DBD dengan membersihkan tempat-tempat bersarangnya nyamuk.

“Bersihkan bak mandi seminggu sekali, perhatikan perabot rumah tangga jangan sampai menampung air, jangan menumpuk dan menggantung pakayan terlalu lama, kalau tidur usahakan gunakan kelambu atau lation anti nyamuk,” himbaunya.

Laporan : La Ode Pialo

Comment

Topik Hari Ini