by

Dinkes Mubar Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Makanan Saat Sahur dan Buka Puasa

 

MUNA BARAT, TOPIK SULTRA.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Hidayat, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya ibu rumah tangga agar menjaga kebersihan makanan saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan saat menjalankan ibada puasa.

“Harus dijaga kebersihan makanan, serta tidak menggunakan pengawet atau menggunkaan pemanis karena dapat merusak ginjal kita,” ucapnya saat ditemui Topiksultra.com di ruang kerjanya, Kamis (9/5/2019).

Hidayat juga menyampaikan kepada masyarakat agar memilih makanan yang bergizi saat sahur, serta mengatur porsi makan karena terkadang masyarakat berpikir, dengan porsi yang banyak akan membuat tubuh tetap kuat dan segar saat menjalankan ibadah puasa, menurutnya kenyataanya tidak demikian.

“Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein serta buah dan sayuran. Mengakhiri santap sahur anda dengan segelas susu juga bisa menjadi pelengkap yang baik untuk nutrisi anda. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, karena mengonsumsi makanan manis yang berlebihan justru membuat tubuh anda lemas di siang hari,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga di himbau sebaiknya makanan saat sahur dan berbuka puasa di kelolah sendiri sehingga kualitas makanan dapat di pertanggung jawabkan, baik itu kebersihan kehalalan dan asupan gizinya.

“Hindari jajan di luar,kalaupun jajan perhatikan kebersihan kulinernya,” himbau Hidayat.

Untuk berbuka puasa di sarankan perbanyak makanan yang sehat dan bernuteisi, Seperti buah Pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena kaya serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang.

Kemudian mengkonsumsi Sayuran hijau karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.
Kamu bisa mengonsumi tumis sayuran, lalapan, salad sayur, atau dibuat menjadi sop.

“Selanjutnya madu, untuk melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan, kemudian Ikan karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral,selanjutnya jangan lupa mengkonsumsi telur karena satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino,”ucapnya menjelaskan.

Laporan : La Ode Pialo

Comment

Topik Hari Ini