by

Mudik Labaran, Dinkes Mubar Siapkan 60 Tenaga Medis

MUNA BARAT, TOPIK SULTRA. COM– Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyiagakan kurang lebih 60 tenaga medis untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat saat melakukan mudik lebaran tahun 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, Hidayat menyebutkan, 60 tenaga medis tersebut tersebar di lima posko utama. Mereka juga akan didampingi pihak keamananan yang ditempatkan di wilayah itu. Pengerahan para petugas dimulai H-7 sampai 3 hari sesudah Idul Fitri.

“Yang mejadi titik utama jalur arus mudik khusus di Mubar yaitu, tugu Desa Lagadi Kecamatan Lawa, satu titik di Bandara Sugimanuru, di Pelabuhan Pajala dan di Pelabuhan Tondasi. Kita kerja sama dengan Puskesmas terdekat, setiap posko kita tempatkan 2 sampai 5 tenaga medis dengan perlengkapan medis lengkap dan satu mobil Ambulance,” ucapnya (31/5/).

Hidayat menyampaikan, petugas medis itu mulai bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam dengan sistem sift. Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan efektivitas kinerja tenaga medis disetiap posko.

“Kita tetap pantau, ini karena ini perintah langsung dari bupati Mubar LM. Rajin Tumada untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang melakukan Mudik lebaran di Mubar,” terangnya.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat Mubar yang sedang melakukan mudik lebaran Idul Fitri agar selalu berhati-hati. Jika kelelahan atau kondisi tubuh tidak stabil, usahakan istrahat dulu sejenak.

“Karena kecelakaaan itu sering terjadi pada saat orang sedang kelelahan. Kemudian jangan terburu -buru membawa kendaraan, usahakan tetap fokus untuk menjaga keselamatan sampai di tujuan masing-masing,” jelasnya.

Laporan : La Ode Pialo

Comment

Topik Hari Ini