Kapal Swasta Jadi Opsi Mudik Warga Kendari Ketimbang Armada PT Pelni

-Berita-228 views

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM – Kapal swasta masih jadi primadona warga Kota Kendari untuk mudik libur Ramadhan 1440 Hijriah melalui jalur laut, hal tersebut karena tidak ada kelonjakan penumpang kapal yang dusediakan oleh PT Pelni Cabang Kendari hingga 10 hari menjelang lebaran.

Kepala PT Pelni Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara, Tavip Pribadi mengatakan, pelayaran terakhir pada Bulan Mei 2019, KM Jetliner rute Kendari-Raha-Baubau hanya mampu menjual 32 shift (tiket).

banner 720x527

“Seharusnya sudah ada peningkatan karena ini sdah H-10 lebaran sekitar 20 persen, seperti tahun lalu, kemungkinan ini terjadi karena moda transportasi swasta masih jadi pilihan warga Kota Kendari,” ucapnya kepada Toliksultra di kantornya (27/5).

Kata Tavip, kelonjakan penumpang sudah meningkat nampak di sejumlah pelabuhan, namun terjadi pada transportasi perusahaan rakyat/swasta, menurutnya karena kapal yang disediakan oleh PT Pelni tidak secepat kapal swasta.

“Contoh, KM Jetliner rute Baubau sekitar 12 jam, kalau kapal swasta hanya 6 jam, tentu ini menjadi opsi para penumpang,” tambahnya.

Namun pihaknya tetap mengoperasikan armada PT Pelni karena opsi lainnya bisa jadi pertimbangan penumpang, seperti dari jumlah muatan penumpang, fasilitas kapal, dan harga tiket masih jauh lebih unggul.

“Semua dari penumpang saja, karena Pelni juga menyediakan fasilitas di atas kapal untuk memberi kenyamanan bagi penumpang,” urainya menjelaskan.

Laporan : Hendriansyah

Topik Hari Ini