by

Kurangi Impor Hingga 75 Persen, Aspal Buton Akan Digunakan Secara Nasional

JAKARTA,TOPIKSULTRA.COM – 27 Mei 2019 di Kantor Kemenko Maritim Lantai 2 Jakarta, Gubernur Provinsi Silawesi Tenggara, Ali Mazi mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin langsung Menko Kemaritiman RI Bapak Luhut Panjaitan dengan melibatkan pihak Kemendagri, Kemen PUPR, Kemen ESDM, Badan Standarisasi Nasional (BSN), BPPT, LIPI, Kadis ESDM dan Kadis Bina Marga PROV. Sultra dan pejabat lainnya.

Rakor itu membahas hal yang sangat strategis berkait dengan percepatan pengembangan dan penggunaan aspal Buton untuk pembangunan infrastruktur secara nasional.

“Saya memaparkan bahwa setelah uji lapangan Aspal Buton merupakan aspal Terbaik di dunia dengan kandungan deposit sekitar 663 juta ton perkiraan nilai uang Rp. 331 triliun jangka waktu pengolahan sekitar 100 tahun, hasil uji tsb menunggu dikeluarkan SNI (Standar Nasional Indonesia) dari perindustrian dan BPPT,” tulis Ali Mazi lewat akun facebook ptibadinya.

Tentang kondisi aspal ini, pihak Kementrian ESDM juga memaparkan bila Aspal Buton sangat berkualitas dan penting segera diolah untuk mengurangi nilai impor Indonesia sebesar 75 persen aspal (1,3 juta ton sampai 1,7 juta ton pertahun) atau 500 juta USD import pertahun.

Menanggapi hal ini, Menko Luhut Panjaitan minta segera rapat Tekhnis perhitungan berapa kebutuhan import, permintaan dlm negeri (aspal jalan negara, provinsi, kabupaten dan jalan desa) pada tgl 3 Juni 2019.

“Ditarget oleh Pak Luhut bahwa kurun waktu 2 tahun aspal Buton telah digunakan seluruh pembangunan infrastruktur jalan di seluruh Indonesia dgn sasaran Indonesia mengurangi signifikan import aspal,” tambahnya.

Menurut Ali Mazi, penggunaan Aspal Buton tak saja berarti memanfaatkan sumber daya alam kita yang melimpah, tetapi akan menumbuhkan sektor-sektor kehidupan lainnya, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Mari berdoa bersama, agar Sulawesi Tenggara akan menjadi provinsi yang maju sejahtera dan bermartabat. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan doa-doa kita. Amin,” urainya.

Comment