by

Mobil Pemadam Hanya Dua Unit, Damkar Bombana Kesulitan Tangani Kebakaran

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM – Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara mengakui lambatnya penanganan kebakaran karena kurangnya armada pendukung dan jumlah personil lapangan menjadi penyebab.

Seperti dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Kabupaten Bombana, Waridin Amdin, bahwa jumlah personilnya hanya terdapat 15 pasukan yang terbagi atas dua devisi yakni 12 personil lapangan ditambah dengan tiga personil devisi organik.

”Sementara armada pemadam kebakaran hanya terdapat dua unit,” ucapnya di ruang kerjanya kepada Topiksultra.com Jumat, (17/5/2019).

Menurutnya, minimnya armada pendukung dan personil sangat menghambat pelayanan publik di daerah itu. Kemudian wilayah yang ditangani sangat luas yang terbagi atas tiga zona utama, yakni Rumbia, Poleang dan Kabaena.

“Sehingga kami hanya mampu menjangkau dalam radius 10 Kilo meter saja,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan itu kata Waridin, pihaknya terus mengirim personil yang ada untuk mengikuti Diklat diberbagai kesempatan, serta akan melakukan perekrutan agar di tiga zona yang marak terjadi kebakaran bisa terpenuhi.

“Untuk personil yang ada, kami upayakan setiap tahunnya harus ada dua anggota yang dikirim untuk Diklat khusus dan juga kedepan kami akan adakan perekrutan anggota baru, malihat akhir-akhir ini ada banyak peristiwa kebakaran,” katanya.

Sedangakan soal kekurangan lanjut Waridin, mengambil upaya inovasi dengan genjar melakukan sosialisasi pemicu dan pencegahan kebakaran, yang melibatkan unit pemerintahan hingga ketingkat desa. Kemudian pengadaan tabung pemadan api mini di parkantoran, toko-toko, kendaraan umum, dan kantor pelayanan masyarakat sepeeti kecamatan hingga desa.

Tujuannya, agar bisa dengan cepat manangkal sebaran api bila ada percikan yang disebakan karena sengatan listrik atau yang lainnya.

“Harapan kami, tingginya peristiwa kebakaran di wilayah Bombana, dapat membuka mata pemerintah daerah agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana sehingga menolong masyarakat kabupaten Bombana secara umum,” urainya menjelaskan.

Laporan : Refli

Comment

Topik Hari Ini