by

Gebyar Takbir Tomia Timur, Puluhan Komunitas Gerobak Sahur Membentang Hingga 1,5 Km

TOMIA TIMUR, TOPIKSULTRA.COM – Malam Takbiran di Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi dimeriahkan lomba Komunitas Gerobak Sahur dengan melakukan longmarch dari Desa Timu, Pesantren Nurul Furqon sambil melantunkan takbir menuju Lapangan Kebangkitan Usuku, Kelurahan Tongano Barat. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (malam) 4 Juni 2019, sebagai bentuk euforia masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, yang jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019.

Tingginya partisipasi masyarakat karena para peserta disediakan hadiah pembinaan oleh panitia, seperti lomba desain gerobak, juara pertama diberikan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, juara dua Rp 1.000.000 dan juara ke tiga Rp 750.000.

Ketua Panitia Gebyar Takbir Tomia Timur, Jamrudin mengatakan 21 gerobak se Tomia Timur, utusan dari komunitas gerobak sahur dan remaja mesjid telah mendaftarkan diri. Saat resmi dilepas, peserta memenuhi jalan raya Usuku membentag hingga sepanjang 1,5 Km.

Gerobak Hias dari komunitas gerobak sahur Kelurahan Bahari.

“Untuk penampilan takbir juara pertama uang pembinaannya Rp 1.000.000, juara ke dua Rp 750.000 dan juara ke tiga Rp 500.00,” ucapnya (4/6).

Pengurus Forum Komunikasi Taman Pendidikan Alquran Tomia Timur ini juga menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan mengubah paradigma berpikir masyarakat bahwa malam takbiran perlu diisi dengan suasana Islami, bukan dengan pawai dengan kendaraan bermotor.

Sementara itu, Camat Tomia Timur, Drs Ramli berharap, dengan adanya kegiatan gebyar takbir yang melibatkan unsur pemuda itu dapat menghadirkan suasana ramadhan yang kental dengan nilai-nilai islamiah.

Camat Tomia Timur, Drs Ramli saat melepas peserta Gebyar Takbir.

“Kemudian langkah ini termasuk wujud dari program Wakatobi Religius Pemerintah Kabupaten Wakatobi,” urainya.

Menurutnya, perayaan malam takbiran tidak perlu dengan melakukan konvoi dengan kendaraan bermotor karena memicu terjadinya kecelakaan.

“Ini juga sebagai bentuk penekanan terhadap angka kecelakaan kendaraan bermotor, kalau pawai lebih kondusif. Ini juga mendapatkan apresiasi dan dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Gebyar Takbir itu secara resmi dilepas oleh Camat Tomia Timur dan mendapat pengawalan dari Polsek Tomia Timur.

Laporan : Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini