by

Bentuk JOB, Wartawan Bombana Sepakat Kawal Pembangunan Daerah

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM – Puluhan jurnalis online (Ciber) yang terdiri dari sejumlah media se-Kabupaten Bombana, resmi membentuk wadah yang dinamakan JOB (Jurnalis Online Bombana) pada, Sabtu (6/7).

Pembentukan tersebut berdasarkan kesepakatan melalui musyawarah semua wartawan yang hadir serta mengangkat Idris Hayang, Zulkarnain dan Hasrun, masing-masing sebagai ketua, sekretaris dan bendahara.

Kepada topiksultra.com, Ketua JOB Idris Hayang menuturkan, pembentukan wadah tersebut bertujuan untuk merekatkan silaturahmi dan kebersamaan antar sesama jurnalis online di Bombana.

“Sehingga di lapangan kita tidak blak-blakan yang justru merusak citra kita sesama profesi, padahal harusnya kita saling backup,” kata Idris.

Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin di daerah Bombana, jurnalis online mengalami pengusiran yang berhujung kriminalisasi dari pihak tertentu yang tidak suka dengan kinerja wartawan.

“Hal itu bukan yang tidak mungkin, olehnya itu kita semua disini kumpul dan membentuk satu wadah pemersatu,” tambahnya.

Idris juga mengatakan, dengan terbentuknya wadah pemersatu tersebut, dapat menjadi corong ke masyarakat dalam memberikan informasi yang akurat dan berimbang, apalagi kata dia, mengenai perkembangan daerah Bombana.

“Olehnya itu JOB sebagai alat kontrol kinerja pemerintahan, dengan selalu mengawal program pemda, kita berharap kedepanya bisa bersinergik,” urainya.

Masih Idris, dengan terbentuknya perkumpulan tersebut dirinya berharap dapat menjadikan jurnalis, khususnya jurnalis media online dapat lebih berperan sebagai sosial kontrol yang baik dalam menyajikan informasi kepada publik.

“Sehingga JOB, tidak kemudian menjadi momok yang menakutkan bagi pihak tertentu, namun dapat dijadikan sebagai mitra dalam mengawal informasi yang berimbang ke masyarakat,” pungkasnya.

Setelah terbentuk, fokus utama JOB adalah segera melengkapi struktur kepengurusan dan membentuk kelembagaan organisasi.

“Agar sesuai dengan amanat undang-undang terkait perkumpulan,” tambahnya.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini