by

DLH Mubar Akan Bangun Bronjong untuk Pemeliharaan Mata Air Ghulu

-SULTRA-19 views

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan melakukan pemeliharaan titik mata air Ghulu di Desa Katobu Kecamatan Wadaga, Mubar dengan melakukan pembangunan bronjong dan penanaman pohon kehutanan di sekitar mata air.

Kepala Dinas DLH Mubar Alimran, menyampaikan bahwa pihaknya membangun bronjong di mata air Ghulu untuk memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul.

“Ada yang sudah di tanggul tapi sudah tidak bisa menjaga tebing mata air, makanya saya akan bangunkan bronjong,” jelasnya saat di temui Topiksultra.com di ruang kerjanaya, Jumat (12/7/2019)


Alimran juga menyampaikan alasan kenapa harus membangun bronjong di mata air Ghulu karena, bronjong bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai. Kemudian apabika tidak pake bronjong, bagian tepi sungai bisa mengalami erosi akibat arus sungai yang deras dan terus-menerus terjadi.

“Di sini, bronjong akan berfungsi sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur,” tambahnya.

Selain bembangunan bronjong, Mantan Camat Kusambi ini juga mengaku akan melakukan penanaman pohon kehutanan di pinggir mata air Ghulu untuk menjaga mata air kedepan.

“Ini perlu, karena beberapa pohon besar di sekitar mata air ghulu sudah jarang,” terangnya.

Namun rencana penanaman pohon ini terkendala di lapangan, karena ada masyarakat yang mengklaim memiliki tanah di pinggir mata air.

“Sebenarnya kan dari dulu kita mau tanamkan tapi takutnya jangan sampai setelah kita tanam langsung di cabut oleh orang-orang tak bertanggung jawab,” katanya.

Masih Alimran, kedepan akan melakukan sosialisasi bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mata air Ghulu bisa terjanga.

“Kan mereka tidak tau kalau dilarang mengolah tanah di samping mata air, kemudian memberikan pemahaman pentingnya penanaman pohon di sekitar mata air,” urainya.

Untuk diketahui, pembangunan bronjong dan penanaman pohon juga dilakukan pada tahun 2018. Pembangunan bronjong di mata air Mokokau dan penanaman pohon di permandian Matakidi Desa Barangka Kecamatan barangka.

Laporan : La Ode Pialo

Comment