Penerimaan Siswa SD dan SMP di Bombana Berlakukan Sistem Zonasi

 

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana suda mulai memberlakukan zonasi dalam penerimaan peserta didik ditingkatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Bombana.

banner 720x527

Hal itu diungkapkan Abdul Rauf Abidin Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Bombana, penerapan itu, kata Kadis berdasarkan Permendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

“Penerimaan saat ini kita sudah berlakukan,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (2/7).

Namun untuk pemberlakuan zonasi tersebut dirinya menyebutkan, tahun ini baru ditingkatan Sekolah Dasar dan SMP.

“SD SMP saja yang kita atur, termaksud TK juga tapi TK belum kita zonasi, SMA juga dizonasi tapi itu wilayah Provinsi, jadi saat ini yang suda kita zonasi SD dengan SMP,” kata Rauf.

Lebih lanjut, Rauf menjelaskan bahwa pembagian zonasi tersebut dibagi berdasarkan zona desa/Kelurahan, atau lokasi sekolah yang terdekat dengan alamat tempat tinggal calon peserta didik, serta hal itu berlaku diseluruh SD Dan SMP se Kabupaten Bombana.

“Kita ambil contoh SMP 2 Rumbia zonasinya seperti Rumbia, Lauru, Doule Kasipute Lampopala, semua dsini, kalau untuk Lameroro ada SMP 29 dibelakan Polres Bombana, jadi setelah zona ini harus daftar disana,” tegasnya.

Merujuk pada surat edaran perubahan yang yang mengatur tentang penerimaan kuota jalur prestasi sekola faforit sebanyak 10% dan 5% untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali merupakan calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah, Kata Rauf hal itu tidak diberlakukan, dengan alasan yang menurutnya, untuk wilayah Bombana belum ada pembagian dan penunjukan sekola faforit.

“Kan ada surat edaran perubahan dari permen itu sepulu persen sekola faforit dan Lima persen yang orang tuanya pindah, tapikan kita disini belum ada kita tentukan yang mana sekolah faforit, yang ada itu diluar hanya penilaian org tua siswa,” tambahnya menjelaskan.

Laporan : Refli

Topik Hari Ini