by

Panca Logam Grup, Terus Beraktivitas di Bombana Tanpa Melaporkan RKAB

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM-Perseroan Terbatas (PT) Anugrah Alam Buana Indonesia (AABI) dan Panca Logam Nusantara (PLN), perusahaan yang tergabung dalam Panca Logam Group yang beroperasi di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, diduga masih melakukan aktivitas produksi emas tanpa melaporkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) Tahunan kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Bombana, Herianto. Meski belum melaporkan RKAB Tahunan, kedua perusahaan tersebut hingga saat ini masih melakukan aktivitas produksi emas di Desa Wumbumbangka.

banner 720x527

“Saya sudah konfirmasi kepada dinas terkait, sepengetahuan mereka perusahaan tersebut belum pernah melakukan pelaporkan RKAB,” jelasnya, topiksultra.com, Minggu (3/8).

Menurutnya, sebagai legalitas untuk menjalankan aktivitas produksi emas, kedua perusahaan itu harus melaporkan RKAB tahunanya ke Dinas ESDM Sultra.

Herianto juga meminta agar Dinas ESDM Sultra, segera melakukan peninjauan dilapangan atas aktivitas produksi yang dilakukan dua perusahan tersebut.

“Kalau mereka tidak laporkan RKABnya, kami harap Dinas ESDM Sultra juga segera turun di lapangan. Kami di dearah kan tidak lagi punya kewenangan soal pertambangan tapi di provinsi,” tambahnya.

Sementara itu Human Resources Department (HRD) Panca Logam Groub, Jamaludin enggan untuk berkomentar terkait RKAB.

”Kalau RKAB konfirmasi langsung ke Ibu Linda yang membidangi hal itu. Sekarag lagi libur (menjalani 15 hari kerja itu),” jawabnya melalui pesan Whatsap saat dikonfirmasi topiksultra.com, Sabtu(3/8).

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor dan Operasional Panca Logam Groub, Haslinda.

“Pak saya lagi tidak mut untuk bicara masalah pekerjaan, saya lagi tidak dikantor saya lagi cuti lagi jadwal libur. Nanti sama Pak Jamal saja karena lagi jadwal masuk, saya lagi jadwal libur,” ucap Haslinda saat dihubungi via telepon, Minggu (4/8/).

Menindaklanjuti itu, melalui sambungan telepon, Pelaksana Harian (PLH) Kabid Minerba ESDM Sultra, Nining Rahmatia mengatakan, belum bisa memastikan apakah kedua perusahaan itu sudah melaporkan RKAB tahunanya.

“Saya belum tau, nanti saya tanya staf dulu. Itu kan ada datanya sama staf saya, nanti saya coba tanyakan besok,” urainya, Minggu (4/8).

Laporan : Refli

Comment

Topik Hari Ini