by

Dishub Mubar Usulkan Penambahan Rute Penerbangan Bandara Sugimanuru – Halu Oleo

MUNA BARAT,TOPIK SULTRA.COM- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Laode Hanafi, mengaku telah melakukan ekspos di Kementrian Perhubungan bersama Manajemen Wings Air terkait penambahan armada penerbangan rute bandara Sugimanuru- Bandara Halu Oleo kendari. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memperlancar jalur transprtasi antar kabupaten kota.

“Alhamdulilah Kementrian mengapresiasi hasil ekspos tersebut, selanjutnya untuk pertimbangan secara teknis nanti kepala bandara. Kita hanya memberikan preospek dari segi kewialayaan,” terangnya saat di temui di kantor DPRD Mubar, Senin (23/9/2019).

banner 720x527

Dalam ekspose tersebut pihak perhubungan menjelaskan bahwa Rute Bandara Sugimanuru- Halu Oleo sangat efektif karena akan melayani jasa angkutan tiga Kabupaten yakni Kabupaten Muna Barat, Muna dan Buton Tengah.

Selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah penduduk kota Kendari 45 persen berasal dari daerah Muna sehingga mobilisasi masyarakat Muna dari Kendari ke Raha cukup tinggi.

“Itu menjadi pertimbangan dan di buktikan dengan arus penumpang yang melakukan penyebrangan melalui kapal laut,” terangnya.

Mengebai kapan mulai beroperasi, pihak Dishub Mubar menyerahkan sepenuhnya kepada kepala bandara sebagai pelaksana teknis.

“Itu soal teknis, soal kapan beropereasi itu wewenang Kepala bandara. Tapi soal prinsip kelengkapan administrasi telah didukung oleh pihak kementrian dan suratnya juga telah kita serahkan kepada pihak maskapai wings Air Abadi,” urainya.

Laporan : La Ode Pialo

Comment

Topik Hari Ini