by

Hari Pertama Masuk Kantor, DPRD Konsel Segera Susun Tata Tertib

ANDOOLO, TOPIKSULTRA.COM – Setelah dilantik, 35 anggota DPRD Konsel belum saling mengenal, sehingga para legislator ini memilih untuk saling mendekatkan diri pada hari pertama mereka kerja (3/9) karena didominasi para pendatang baru (20 orang, red) juga susana yang nampak adalah diskusi terkait tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat, terutama yang menjadi perhatian terkait pembuatan tata tertib dewan.

Pantauan Topiksultra.com, hari pertama masuk kantor tersebut terlihat sejumlah anggota DPRD seperti Mbatono Suganda, Ramlan, Ansyari Tawulo, Hj Suryani (Demokrat), Muh Taufiq Mansyur (NasDem), Muhaimin, Djuharuddin (Hanura), Djoko Suprihatin, Sutiono (Gerindra), Nilda (Golkar) dan Marwan (PKB).

Hari perdana kerja itu, belum ada agenda kedewanan yang dibahas, namun terlihat para anggota DPRD tersebut sudah memegang draf Tata Tertib DPRD Konsel Tahun 2019.

“Belum ada agenda yang kami laksanakan terkait tugas tugas kedewanan, kami masih perkenalan sesama anggota DPRD dari berbagai partai politik di Konawe Selatan ini. Selain itu, belum ada pembagian tugas di alat kelengkapan DPRD, karena itu belum ada satu ruangan atau kursi yang disiapkan untuk masing masing anggota,” ucap Mbatono Suganda kepada topiksultra.com (3/9).

Hal hanl lain juga disampaikan Anggota DRPD Konsel dari Partai Gerindra, Sutiono. Dirinya mengaku sejak berdirinya kantor DPRD ini baru kali pertama menginjakkan kakinya di gedung megah tersebut.

“Saya baru hari ini masuk di ruangan ini, karena itu masing bingung mau kemana, termasuk untuk memperoleh draf Tatib yang di pegang sejumlah anggota DPRD, saya harus bertanya ngambil dimana draf tersebut dan di ruang mana,” katanya.

Begitu juga yang disampaikan Muh Taufiq (NasDem) bahwa setelah dirinya dilantik kemarin (2/9) masuk dihari pertama fokus saling mengenal saja.

“Hari ini baru kita bertemu pasca pelantikan, karena itu kita masih memperkenalkan diri masing masing. Untuk kegiatan masih menunggu dari pimpinan sementara,” jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Wakil Ketua DPRD Konsel (sementara) Hj Hasmawati SE mengaku, dihari pertama masuk kerja belum ada agenda resmi yang dilaksanakan oleh anggota DPRD. Berdasarkan dari kemufakatan, DPRD akan melakukan rapat bersama untuk semua anggota DPRD untuk membahas Tata Tertib.

“Besok (4/9) kami agendakan pembahasan Tatib DPRD, terkait pembagian Komisi dari 35 anggota DPRD di ruang rapat utama DPRD. Agenda tersebut sekaligus untuk meminta semua fraksi yang ada untuk mendelagasikan anggotanya di Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan lainnya,” urainya.

Menurutnya, untuk fraksi fraksi di DPRD masih menunggu dari partai masing masing pengusung. Mengingat ada sejumlah partai yang harus menggabung untuk bisa menjadi satu fraksi, karena dari keterpilihan anggota DPRD dari partai politik yang secara otomatis terbentuk fraksinya seperti Golkar, Gerindra, PDIP, NasDem, Demokrat dan PAN. Sementara PKB, Hanura, PPP, PKS dan PBB harus terlebih dulu untuk berkoalisi dan membentuk fraksi.

“Inilah bagian bagian yang akan di bahas dalam rapat tersebut, dengan harapan fraksi terbentuk, pembagian tugas di masing masing komisi dan AKD lainnya akan segera terbentuk untuk selanjutnya di tetapkan hingga massa tugas pimpinan sementara di DPRD berakhir,” tambahnya menjelaskan.

Laporan : Herman

banner 720x250

Comment

Topik Hari Ini