by

Kamtibmas Kabaena Timur Utamakan Penyelesaian Konflik Secara Kekeluargaan Terhadap Tindak Pidana Ringan

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM-Sebagai upaya pencegahan terhadap konflik sosial maupun individual dimasyarakat, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) kerap melakukan kunjungan dimasyarkat.

Sebab langkah ini dinilai dapat membuat kepolisian lebih dekat dan berbaur dengan masyarakat, dan juga sebagai upaya pendektesian dini terhadap masalah yang terjadi di masyarakat.

banner 720x527

Seperti halnya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kabaena timur, Bripka Juliaman yang bertugas di Desa Lengora Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Dirinya kerap menyambangi warga binaanya, dan dikesempatan itu iya meminta kepada warga untuk tidak menyelesaikan persoalan dengan cara kekerasan.

“Kita selesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku, hubungi pihak kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas,” ujar Bripka juliaman, Sabtu (21/9)

Menurutnya penyelesaian konflik tidak semua harus diselesaikan dikantor kepolisian, tentu dengan pola pendekatan kekeluargaan, sehingga hal itu tidak berproses sampai dikantor kepolisian yang justru akan saling memberatkan satu sama lain.

“Utamakan penyelesaian secara kekeluargaan terhadap tindak pidana ringan yang terjadi diantara warga,” urainya.

Mewujudkan kamtibmas Juliaman, kerap mengimbau warga binaannya untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang sifatnya dapat merusak hubungan silaturahmi serta yang dapat menimbulkan perpecahan sesama warga.

Olehnya itu, melalui kesempatan ini, Juliaman berharap, agar warga binaannya ini dapat berpartisipasi membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Salasatunya dengan cara segera menginformasi kepada Bhabinkamtibmas maupun Babinsa jika terjadi permasalahan antar warga,” urainya.

Laporan:Refli

Comment

Topik Hari Ini