by

Kementrian PUPR Alokasikan Rp 28 Miliar untuk Jalan di Morosi

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM – Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprogramkan peningkatan pembangunan jalan sekitar kawasan ekonomi khusus (KEK) pertambangan Morosi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra Ali Mazi di Kendari, Rabu (11/9), mengatakan Kementrian PUPR mengalokasikan anggaran sebanyak Rp28 miliar untuk peningkatan jalan antarprovinsi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

“Saat ini dalam tahapan pelelangan proyek pekerjaan jalan Morosi, Kabupaten Konawe oleh Kementrian PUPR. Tahun ini dipastikan akan dikerjakan,” kata Ali Mazi.

DPRD dan Pemprov Sultra terus mengoptimalkan penganggaran pembangunan jalan antarkabupaten maupun sentra-sentra produksi.

“Kerusakan jalan di wilayah Sultra dipastikan tidak dapat dibiayai dari APBD sehinggga pemerintah bersama DPRD berjuang mengusulkan ke pemerintah pusat,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh bahwa kerusakan jalan di sekitar kawasan industri pertambangan Morosi dikeluhkan masyarakat tiga tahun terakhir.

“Kondisi jalan Morosi antar Kabupaten Konawe dan Konawe Utara menyesarakan rakyat. Saat musim hujan warga mandi lumpur, sebaliknya saat kemarau warga mandi debu. Derita itu segera berakhir,” kata politisi PAN.

Ia mengharapkan investor tambang tidak menggunakan atau melintasi jalanan umum untuk memobilisasi material karena mempercepat kerusakan jalan, (mil).

banner 658x524

Comment