by

20.000 Biji Gula Kelapa dari Bombana akan Dijajakan di HPS 2019 Sultra

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM-Sebanyak 20.000 biji Gula Kelapa (Pangan Olahan) khas daerah Bombana bakal dipromosikan Pemerintah Kabupaten Bombana pada saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang ke-39 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Event akan digelar pada dua hingga lima November 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bombana, Rusdiamin Basite, menurutnya, selain pangan olahan gula kelapa ada beberapa produk unggulan bombana yang juga akan ikut dipromosikan.

“Seperti dempo, olahan kripik, mungkin dari perikanan ada olahan ikan teri, terasi, ada juga dari perkebunan mungkin olahan jambu mente,” tuturnya kepada TopikSultra.Com diruang kerjanya, Selasa,(15/10/).

Olahan Gula kelapa ini tampil didaftar unggulan utama, sebab menurut Rusdiamin, olahan gula kelapa adalah icon kuliner asli Bombana yang perlu ditonjolkan, sebab kuliner ini belum ada didaerah lain. Hal itu juga menurutnya adalah arahan dan ide dari Bupati Bombana,Tafdil sendiri.

“Makanya yang kita mau promosikan ini prodak pangan olahan, artinya suda diolah. sekitar 20.000 biji. Dengan volume besar itu pak Bupati(Tafdil) punya ide. Sepengetahuan saya prodak gula kelapa ini hanya ada dibombana, seperti dempo juga ada ditempat lain,” urainya.

“Jadi gula kelapa ini iconya kita. Paling tidak kita yang tinggal disini ingat kabaena, dan diluar kalau lihat gula kelapa tentu ingat Bombananya,” tambahnya.

Lebih lanjut Rusdiamin mengatakan, untuk mendukung pameran atau promosi pangan lokal Bombana, yang rencananya akan digelar di eks MTQ Kendari itu, pihaknya akan menyediakan dua stan pameran dengan ukuran luas 3×6 meter.

“Kemudian yang kedua untuk stan kuliner itu kemungkinan pemerintah propinsi yang siapkan. kita juga akan promosikan di stan-stan pameran lain, sebanyak kurang lebih 260 stan yang akan didirikan disana,” masih Rusdiamin menjelaskan.

Laporan:Refli

Comment