by

Bawaslu Wakatobi Edukasi Pemilih Pemula agar Terlibat Awasi Pemilu

WAKATOBI – Bawaslu Kabupaten Wakatobi melaksanakan sosialisai dan edukasi kepada masyarakat agar terlibat dalam pengawasan Pemilu jelang Pilkada 2020, kali ini menyasar kalangan pemilih pemula.

Bertajuk Bawaslu Go To School, Senin 7 Oktober 2019, sebayak 70 pelajar dari SMAN 2 Wangi-wangi dan SMA Babussalam Matahora yang berusia wajib pilih (17 Tahun) diberikan pemahaman dengan materi pengawasan, seperti pencegahan dan penindakan.

Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antara Lembaga, Bawaslu Wakatobi, Arfis SP saat membawa materi pengawasan Pemilu.

“Kami memberikan informasi terkait tugas kami, seperti pencegahan sebagai upaya dini yang dilakukan oleh lembaga agar potensi pelanggaran dapat teridentifikasi, kemudian diminimalisir, begitu juga pemahaman terkait penindakan Bawaslu,” ucap Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antara Lembaga, Bawaslu Wakatobi, Arfis SP kepada topiksultra.com (7/10).

Bawaslu Wakatobi juga mendorong agar siswa siswi dapat menggunakan hak pilih, juga disamping itu terlibat dalam pengawasan Pemilu, sehingga dapat memahami lembaga pengawasan dan fungsi masyarakat sebagai pengawas Pemilu.

“Diharapkan dengan edukasi ini, dapat menyadari bahwa pentingnya pengawasan untuk mewujudkan demokrasi yang bersih, sehingga informasi ini dapat ditularkan kepada teman temannya yang wajib pilih,” urainya.

Arfis mengharapkan target Bawaslu Go To School ini minimalnya para pelajar bisa menjadi informan kepda penyelnggara.

“Kedepan mereka bisa jadi mitra kita dalam kerja kerja pengawasan,” tambahnya.

Laporan : Hendriansyah

Comment