by

Bupati Bombana Janji Pekerjakan Alumni AKN

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM-Bupati Bombana, H Tafdil sepertinya tidak menginginkan wisudawan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bombana kembali menambah gngka pengangguran sarjana. Untuk memastikan itu Tafdil akan menggandeng dua industri besar yang ada diwilayah itu, agar menyerap tenaga kerja dari lulusan AKN Bombana.

Hal tersebut dikatakan Tafdil saat memberikan sambutan di acara Pengukuhan ke 34 Peserta Wisudawan ke-VI (Enam) Politeknik Negeri Ujung Pandang, Program Studi Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri Bombana, di-Audotorium Kantor Bupati Bombana, Sabtu (12/10/19).

“Tidak usah risau dengan lapangan pekerjaan sebab dibombana ini ada dua industri besar, ada perusahaan tebu (Jhonli Batu Mandiri) di Watu-watu Kecamatan Lantari Jaya dan Pabrik Baja (Smelter) di Kecamatan Mata Oleo,” ujar Tafdil.

Menurutnya jumlah wisudawan AKN kali ini sangat kecil ketimbang jumlah lapangan pekerjan dan jumlah kariawan yang akan dibutuh di Dua industri besar tersebut.

“Seberapaji lulusannya ini Politeknik Negeri Ujung Pandang Bombana, sementara disana di Mata Oleo sekitar 6000 kariawan dibutuhkan, saya kira ada tekhnik kimia saya kira disitu bisa,” jelasnya.

Tafdil juga mengatakan dengan datangya industri ini telah berkomitmen akan mengunakan tenaga kerja dari daerah, namun ada satu hal yang menurut Tafdil dapat dijadikan sebagai bahan pertimbanga pihak AKN kedepan.

“Yang menjadi permintaan yang mereka ajukan, karna mesin-mesin yang mereka masukan ini dari cina, dan kataloknya juga bahasa cina, itulah kemudian yang perlu kita pikirkan supaya kedepan lulusan kita bisa berbahasa cina,” urainya.

“Kalau itu bisa berarti itu terobosan baru dalam politehnik, terampil, ahli dan menguasai bahasa mandarin,” tambahya.

Untuk itu Bupati Bomban berharap AKN Bombana dapat menjadi politeknik atau BSDKO, kemudian dapat bekerjasama dengan investor dan menjadikan AKN ini sebagai lembaga pelatihan bagi kariawan yang akan direkrut oleh Perusahaan.

”Saya yakin dan percya,mari kira berkomunikasi dengan baik, antara pengelola, para dosen,untuk bagaimana anak-anak kita ini bisa kita arahkan dengan baik,” tambanya.

Lebih jauh, hal lain juga ditambahkan Bupati dua periode itu, Iya meminta lulusan AKN Bombana ini agar bisa berwirausaha, Tafdil juga meminta agar lulusan AKN yang baru saja diwisudahkan ini membuat kelompok usaha yang kemudian akan dibantu oleh Pemda Bombana.

“Dengan cara buat proposal untuk usaha nanti kita akan bantu, mungkin yang otomotif bisa gabung dengan akutansi coba bikin proposal jenis usahanhanya apa, nanti kita bisa bantu. Secepatnya sebelum APBD kita berjalan,” urainya.

Laporan:Refli

Comment

Topik Hari Ini