by

Desa Kollo Soha Wakatobi akan Gelar Atraksi Seni Budaya di Pantai Hondue

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Sembilan atraksi seni dan budaya akan diselenggarakan di Pantai Hondue, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Sabtu 5 hingga 6 Oktober 2019.

Sembilan antraksi yang bakal dipentaskan di Pantai Hondue yakni Fatu-fatu Bo’o, Ase, Tari Wa Kenta, Tari Balumpa, Volly, Bola Pantai, Tarik Tambang, Meyelam Sampah Plastik serta prosesi adat Safara.

Ketika ditemui topiksultra.com, Kepala Desa Kollo Soha, Sudiman S.Pd (40) sangat berterimakasih kepada masyarakat Desa Kollo Soha dengan semangat poasa’asa (gotong-royong) untuk mensukseskan event Hondue Memanggil dengan tema “To Po’afa i Hondue” dilengkapi beberapa atraksi seni dan budaya.

“Event Hondue memanggil akan terlaksana yang ke dua kalinya. Pada bulan April 2019 lalu, Karang Taruna Desa Kollo Soha, komunitas KATUTURA Art and Culture bersama Seniman Suling asal Selayar. Mereka sukses gelar satu malam mulai pukul 20.30 hingga 22.00 Wita,” ucap Sudiman (Kamis 3 Oktober 2019).

Kegiatan seperti ini, menurutnya harus dipertahankan karena pemuda pemudi khususnya di Pulau Tomia akan berkembang dan produktif serta akan menghidupkan tempat-tempat wisata perlahan-lahan dalam skala ekonomi masyarakat akan bertambah.

“Khususnya di event Hondue Memanggil ini, diharapkan akan menjadi bagian kegiatan desa dan akan lebih meningkatkan pendapatan desa Kollo Soha. Anggaran bersumber dari Dana Desa (ADD) 2019 dan sebahagiannya dari partisipasi masyarakat Desa Kollo Soha,” tambahnya.

Ketua Penyelenggara Hondue Memanggil, Ahmad (36) menambahkan, semangat gotong-royong pemuda Desa Kollo terus bekerja yang terhitung sejak Selasa, 3 September 2019 hingga saat ini untuk mempersiapkan event yang mulai dibuka pada Sabtu 5 Oktober 2019 mendatang.

Dari sembilan atraksi antara dusun yang dikemas dalam bentuk permainan mulai Sabtu pagi dan akan ada juga atraksi tari, musikalisasi puisi dan beberapa kegiatan lain bakal digelar pada malamnya serta di hari puncaknya pada Minggu 6 Oktober 2019 dengan acara adat Safara sekitar pukul 09.00 Wita dan lepas kegiatan pada malam ramah tamah.

“Dan kami juga membukakan ruang kepada teman-teman yang ingin menampilkan bakatnya untuk bergabung di pantai Hondue,” urainya ketika ditemui topiksultra.com di kediamannya (3/10).

Penulis: La Ode

Comment