by

GIPI-PHRI Komitmen Dorong Pembangunan Wisata Toronipa

KENDARI, TOPIKSULTRA.com – Organisasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berkomitmen mendukung Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara membangun kawasan wisata Pantai Toronipa berkelas dunia.

“GIPI dan PHRI adalah organisasi berhimpunya pelaku utama di sektor jasa kepariwisataan yang tidak diragukan kapabilitas mereka,” kata Hugua Ketua GIPI/PHRI Sultra di Kendari, Selasa.

Pengusaha properti perhotelan dan restoran maupun industri kepariwisataan lainnya telah menunjukan peran nyata sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan perekonomian masyarakat.

“Bisnis perhotelah dan restoran membuka lapangan kerja, menyetor pajak sebagai sumber pendapatan daerah, menjamin wisatawan tinggal berhari-hari dan nyaman dan masih banyak lagi kontribusi positif lainnya,” kata Hugua yang saat ini sebagai anggota DPR RI.

Hugua, mantan bupati Wakatobi dua periode mengajak 17 bupati/walikota se-Sultra berinvestasi di sektor pariwisata karena daerah ini memiliki destinasi mumpuni mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, kebudayaan, wisata alam yang setarah dengan negara-negara atau daerah lain di belahan dunia lainnya.

“Saya sudah mengunjungi destinasi wisata di benua Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia dan ternyata yang terkandung di Bumi Anoa Sultra tidak kalah pesonanya. Kita daerah dan negara yang hebat,” tutur Hugua penuh optimisme dihadapan pengurus GIPI, PHRI dan Dinas Pariwisata Daerah setempat.

Maka, cukup beralasan GIPI, PHRI, Asita dan segenap pelaku usaha sektor wisata bergandengan tangan mendukung terobosan dahsyat Gubernur Ali Mazi membangun kawasan wisata Toronipa menuju kualifikasi internasional.

Ia pun mengajak pemerintah Kota Kendari bersinergi dengan Pemprov Sultra untuk mengalokasikan anggaran pembangunan sektor pariwisata.

“Kota Kendari sebagai ibukota Provinsi Sultra menjadi barometer segala aspek, khususnya sektor jasa sehingga patutlah bersinergi dengan pmerintah provinsi,” katanya.

Oleh karena itu, GIPI sedang merancang satu forum bersama Gubernur Sultra dengan Walikota Kendari untuk menyamakan persepsi tentang investasi sektor pariwisata.

“Sekali lagi kerugian besar jika terobosan Gubernur Sultra membangun kawasan wisata Toronipa berkelas dunia tidak maksimal. Mari kita dukung,” katanya.

Comment

Topik Hari Ini