by

Gubernur Sultra Teken MoU dengan Universitas Rhode Island, Berikut Isinya

TOPIKSULTRA.COM – Dalam upaya penguatan program unggulan Pemda Provinsi Sultra melalui Gubernur H. Ali Mazi, SH, menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) pada tiga bidang utama program unggulan, yakni Pengembangan Perpustakaan, Pengembangan dan Konservasi Bidang Kelautan, Perikanan dan Pertambangan, serta Pengembangan dan Alih Teknologi di Bidang Kedokteran khususnya di bidang Pelayanan dan Bedah Jantung.

Penandatangan MOU dilakukan antara Gubernur Ali Mazi dan Rektor Universitas Rhode Island, Prof. David Dooley, disaksikan 3 Kepala Daerah, yakni Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, dan 3 Organisasi Pemerintah Daerah, yakni Kepala Bappeda, Kabalitbang dan Kabid Ciptakarya.

Sedangkan dari Pihak Universitas Rhode Island, ikut menyaksikan, Dekan Fakultas Kedokteran dan Keperawatan, Prof Barbara Wolfe, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Prof Gary Ligouri, Dekan/Direktur Perpustastakaan, Prof. Karim Boughida dan beberapa guru besar di bidang Geosains, Inovasi dan Kewirausahaan dan Ketua Yayasan Pengembangan Universitas, Katherine Flynn.

Adapun secara detail beberapa agenda yang akan dikerjasamakan adalah sebagai berikut:
1) Pendidikan akademik dalam program-program gelar Universitas,
2). Pelatihan jangka pendek oleh dosen dan peneliti Universitas,
3). Pendaftaran mahasiswa-mahasiwa Sulawesi Tenggara pada program
tingkat sarjana dan/atau pasca sarjana,
4). Kegiatan-kegiatan penelitian oleh dosen dan peneliti Universitas,
5). Keikutsertaan dalam seminar-seminar dan pertemuan-pertemuan
akademik,
6). Program-program akademik jangka pendek khusus,
7). Konsultasi-konsultasi dan lokakarya-lokakarya penyuluhan,
8). Proyek-proyek pengembangan staf Pemerintah Daerah,
9). Pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia bidang
perpustakaan dan kesehatan daerah Sulawesi Tenggara,
10). Kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan keanekaragaman
hayati (biodiversity) dan keberlanjutan (sustainability) dan konservasi
terutama bidang pertambangan dan perikanan dan kelautan di Sulawesi
Tenggara,
11). Konservasi keanekaragaman hayati (biodiversity) dalam kemitraan
bersama dengan Taman Nasional Rawa Aopa, termasuk untuk
perlindungan Kura-Kura Kotak Asia Tenggara (Cuora amboinensis) yang
diakui sebagai warisan alam Sulawesi Tenggara.

Setelah acara penandatangan MOU, Gubernur Ali Mazi, dijamu makan siang oleh Rektor dan segenap sivitas akedemika Universitas Rhode Island. Pada acara makan siang, Gubernur berkesempatan berdialog dengan mahasiswa Indonesia di Rhode Island, dan beberapa Mahasiswa Asing (Rhode Island), yang telah berkesempatan melakukan penelitian di daerah Sulawesi utamanya di Kawasan Perairan Wakatobi dan Rawa Aopa, Konawe Selatan.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan Gubernur ke pusat-pusat penelitian dan Pengembangan Universitas Rhode Island, seperti Laboratorium Oseonografi, Laboratorium Pembudidayaan Tuna, Kapal Eksplorasi Laut dan ditutup dengan kunjungan ke Istana Gubernur dan Kantor DPR-Senat Rhode Island di Kota Providence, Rhode Island, Amerika Serikat.

Informasi ini dikabarkan Sukanto Toding, Kabalitbang, dari Providence Amerika Serikat yang disebarkan melalui siaran pers Kominfo Sultra.

(kw/h)

Comment