by

Meriahnya Pesta HUT Mubar dan Derita Masyarakat Karena Debu Jalan Ring Road

MUNA BARAT,TOPIK SULTRA.COM – Pesta Rakyat yang di gelar Pemerintah Muna Barat (Mubar) di Lapangan Guali Kecamatan Kusambi dengan mendatangkan dua orang Artis Ibu kota, Fildan dan Eri Suzan.

Ribuan masyarakat Mubar sangat antusias datang berbondong-bondong di Lapangan Guali hanya untuk menyaksikan penampilan artis idola dan kebanggaan mereka yang notabenenya berasal dari Sultra. Bukan hanya masyarakat Mubar, ribuan masyarakat dari daerah tetangga juga turut hadir untuk menyaksikan konser dibalut dengan pesta rakyat tersebut.

Suasana begitu meriah, lapangan sepak bola desa guali tumpah ruang dengan ribuan massa.
Salah satu Event Organizer (EO), mengatakan dari beberapa daerah yang sudah di kunjungi baru di Muna Barat melihat lautan massa seperti itu.

“Banyaknya Manusia di Muna Barat ini, sudah beberapa daerah saya keliling baru di Mubar saya liat manusia seperti ini,” ucap sumber itu dengan nada heran.

Namun dibalik meriahnya pesta rakyat yang diadakan oleh pemda Mubar, ada ratusan masyarakat Mubar yang menjerit akibat debu jalanan di ringroad laworo. Banyaknya debu memutus jarak pandang pengendara, apa lagi yang menggunakan roda dua.

“Akibatnya ada beberapa orang yang jatuh, karena menabrak batu-batu di tengah jalan,” terang salah satu warga Lafinde yang bernama Isal ini, kepada wartawan, Jumat (11/10).

Kata Isal, masyarakat di Lafinde kesal karena pihak-pihak pemda tidak taktis dalam mengantisipasi banyaknya debu di jalan ringroad. Padahal katanya pekerjaan Jalan Rig Road Laworo sementara dilakukan pengaspalan.

“Kan pemda tau, kalau di titik ini banyak debu, harusnya mobil tank yang sering melakukan penyiraman stand bay di lapangan. Kan sama saja, kita di bawakan penyakit ini, kasian kan, banyak anak kecil di sini,” tambahnya.

Bukan hanya Isal, kekesalan itu datang dari salah satu warga desa Lafinde lainnya. Pasalnya saat melintasi jalur ring road dari tugu sarung Desa Wuna ke Desa Guali tidak sedikitnya kendaraan yang ugal-ugalan baik itu pengguna motor maupun mobil

Akibatnnya, warga yang mendiami jalan ring road itu terganggu aktifitasnya karena tebaran debu masuk hingaa memasuki rumah.

“Hadirnya Fildan dan Erie Suzan kemarin membuat kita warga disini tidak tahan dengan debu yang bertebaran di sepanjang jalan. Kasian anak – anak juga, akibat dari debu itu mereka jadi sakit – sakitan,” tutur La Jumha warga Desa Lafinde.

Beberapa warga pun juga terlihat memblokade sebagian jalan dengan batu. Terlihat juga anak kecil tanpa baju turun langsung di jalan yang berdebu itu saat pengguna kendaraan menuju lapangan Desa Guali ingin menyaksikan konser dua artis papan atas itu.

Selain itu, beberapa pengguna kendaraan usai menyaksikan konser itu saat ingin hendak pulang mengalami kecelakaan, Risal mengaku jatuh di jalur Ringg Road karena berdebu sangat menggangu jarak pandang.

“Iya, tadi malam saya jatuh pas di Jalan Ring Road Desa Lafinde setelah nonton konser di Guali,” tuturnya kepada topiksultra.com (kw/p)

Comment

Topik Hari Ini