by

Pemerintah Pusat Pantau Pembangunan Huntara di Andowia, Konut

KONAWE UTARA, TOPIKSULTRA.COM – Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia pantau pembangunan Hunian Sementara (Huntara) untuk korban bencana banjir yang berlokasi di Desa Puusuli, Kecamatan Andowi, Rabu 2 Oktober 2019.

Saat ini yang sudah terbangun mulai dari lantai, dinding, atap dan sekat ruangan sudah ada 2 kopel (couple) dimana setiap couple terdiri dari lima kamar huni pembangunanya telah mencapai 45 persen. Huntara ini dilengkapi dengan ruang tidur, dapur, dan kamar mandi lengkap dengan sistem pembuangan limbahnya, untuk Desa Puusuli diberikan kuota hingga 10 couple dengan target pembangunan per couple selama 10 hari.

banner 720x527

“Prosesnya cukup memakan waktu yang lama, karena kita harus memahami dan memaklumi bahwa pembangunannya ini memakai anggaran pemerintah pusat,” ucap Sekda Konut, Martaya kepada wartawan.

BACA JUGA: Bina Kerukunan Umat Beragama, Bupati Konut Gelar Pertemuan Lintas Agama

Keterlambatan pembangunan Huntara ini terkendala pengurusan administrasi sampai pada belanja bahan memakan waktu, karena sebagian besar material bangunan didatangkan dari pusat. Pembangunan Huntara ini dekerjakan secara gotong royong, yang melibatkan warga dan aparat TNI.

Sementara di Desa Puuwonua Kecamatan Andowia, persiapan pembangunan Huntaranya juga sudah mulai dilakukan. Saat ini sudah pada tahap meratakan lokasi pembangunan sambil menunggu seluruh bahan material terdistribusi.

“Sekarang sudah diratakan dan sebagian bahannya sudah tiba, kalau sudah lengkap bahannya kita mulai kerjakan pembangunannya”. Kata Ibu Krisna dari pihak PT. Tata Logam (pihak ke tiga) yang melakukan pengerjaan Huntara.

Laporan: Lukman

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini