by

Bupati Bombana Sampaikan Pesan Persatuan di Upacara Hari Pahlawan

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM – Momentum Hari Pahlawan yang bertepatan 10 November, nampaknya menjadi hari yang tepat bagi Bupati Bombana, Tafdil untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia khusnya di Bombana agar tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah dibangun oleh para pendiri dan pahlawan Bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.

Ajakan tersebut disampaikanya, saat upacara peringatan hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Bombana, Minggu (10/11/19). Menurutnya negara kesatuan ini telah dibangun dengan susah payah oleh pendiri bangsa dan pahlawan, dengan tetesan darah, keringat, bahkan pengorbanan jiwa raga demi satu tujuan, yakni mewujudkan Indonesia merdeka yang berdaulat.

“Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai negara ini dan menjaganya hingga akhir hayat. Peristiwa perang 10 November mengingatkan kita bahwa kemerdekaan itu tidak datang dengan sendirinya,” ujarnya.

Untuk itu Tafdil juga mengatakan bahwa semangat para pahlawan itu harus tumbuh subur di dalam hati masyarakat Indonesia dan jangan biarkan tangan-tangan jahil merusak tatanan negeri ini, merusak persatuan dan kesatuan bangsa yang susah payah dibangun oleh pahlawan kemerdekaan.

“Kata Bung Karno, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, yang dapat menjadi bangsa yang besar,” kata Tafdil.

Lebih lanjut Tafdil menambahkan, hari pahlawan kiranya bukan saja bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas, yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme, dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong kepada sesama yang membutuhkan, atau bentuk aksi-aksi nyata, dengan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

“Untuk menjadi pahlawan bukan saja dengan mengangkat senjata di medan perang, tetapi bisa juga dengan cara menorehkan prestasi dari segala bidang kehidupan,” urainya.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini sehingga prsoalan bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur disegenap insan masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Laporan:Refli

Comment