by

Pemda Mubar Terima Penghargaan WTP dan Riword DID Rp 2 Milyar

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan. Penghargaan ini sudah kali ketiga diterima oleh daerah pemekaran dari Kabupaten Muna.

Piagam WTP tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Arif Wibawa kepada Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada di kantor bupati, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya Arif Wibawa menyampaikan bahwa Pemda Mubar mendapat WTP karena telah memenuhi empat kriteria utama yakni laporan keuangan sudah sesuai dengan standar akuntasi pemerintah, efektifitas pengejaran internal di daerah tersebut sudah berjalan yang dilakukan oleh inspektorat,kecukupan dan pengungkapan informasi yang artinya dalam melakukan pencatatan dan pertanggungjawaban dilakukan dengan transparan serta kepatuhan dalam peraturan perundangan-undangan.

“Semoga Capayan ini dapat di pertahankan danndi perjunagkan sampai seterusnya,” kata Arif.

Berkat capaian tersebut tambah Arif, Pemda Mubar mendapat tambahan Dana Insentif Daerah sebesar dua milyar.

“Dama Ini merupakan riword bagi pemda atas capaia WTP, semoga ini terus di pertahankan,” tuturnya.

Sementara Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada mengatakan, penghargaan WTP tersebut merupakan capayan yang sangat luar biasa bagi Pemkab Mubar. Semoga penghargaan ini dapat memberikan spirit baru bagi seluruh jajaran OPD agar ke depannya kembali meraih opini WTP.

“Kami juga minta agar Dirjen Perbendaharaan terus membimbing kami agar mengelola keuangan daerah dengan baik dan benar,” harapnya.

Rajiun mrngaku, meski Pemda Mubar baru seumur jagung tetapi terus memperlihatkan pertanggungjawaban pengelola keuangan yang baik dan benar sesuai perundang-undangan.

“ini sebuah kehormatan bagi kami diberikan penghargaan ini tiga kali berturut-turut,” urainya.

Laporan : La Ode Pialo

Comment