by

Selesaikan Masalah Kampung Tolimbo, Kapolres Muna : Jabatan Saya Jadi Jaminan

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM – Masyarakat Desa Tangkumaho Kecamatan Napano Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) kini mulai bernapas legah karena laporan mereka terkait pengrusakan tanaman yang dilakukan oleh pihak Koperas Jati Muna mendapat perhatian penuh dari kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho saat menemui masyarakat di kampung Tolimbo Desa Tangkumaho.

Dalam sambutannya, Kapolres Muna AKBP Debby Asri Nugroho mengaku telah menerima laporan pada hari senin tanggal 28/10 dari Forum Masyarakat Napano Kusambi bersatu terkait pengrusakan tanaman masyarakat di Kampung Tolimbo oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Untuk hal ini dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Semua langkah kita sudah sampaikan, kita sudah mulai tahap komunikasi sama warga sekitar, Pemda Mubar terkait solusi yang terbaik bagi warga sekitar,” terangnya saat menyampaikan sambutan dihadapan masyarakat Napano Kusambi, di kampung Tolimbo, Desa Tangkumaho, Selasa (5/11/2019).

Kapolres juga menjamin akan menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya. Ia menyarankan agar kepala desa mendata masyarakatnya yang merasa dirugikan dan diwakili oleh kepala keluaga.

“Kami menjamin akan menyelesaikan masalah ini sampai pihak yang dirugikan dalam hal ini masyarakat merasa bahwa itu sudah cukup,” terangnya.

Terkait alat bukti pengrusakan (buldoser) Kapolres Muna menyampaikan pihaknya akan mengambil alih penyitaan barang bukti dan akan diamankan di Polsek Kusambi sehingga katifitas masyarakat tidak tehambat disini.

“Tidak ada hal-hal lain yang disalahgunakan. Kami menjamin kalau perlu jaminanya adalah jabatan saya dan saya akan bertanda tangan di dalam berita acara,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing. Bagi warga yang selama ini telah tersita waktunya sekarang boleh beraktifitas kembali sebagaimana mestinya.

Sementara itu Bupati Mubar LM.Rajiun Tumada menyampaikan akan memanggil pihak perusahaan dalam hal ini koperasi Jati Muna untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kita akan panggil pihak perusahaan dan akan kita sampaikan keinginan masyarakat terkait pengrusakan tanaman,” jelasnya.

Rajiun juga mengaku akan menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya dan mempertimbangkan kepentingan masyarakat kampung Tolimbo.

“Pemerintah daerah akan memfasilitasi dan akan menuntaskan peraoalan ini.Kita akan melakukan Rapat kordinasi bersama Forkopminda untuk proses penyelesaian,” tambahnya.

Laporan : La Ode Pialo

Comment