by

Azhari : Kita Berdoa di Kolaka Cepat Berdiri Politeknik

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari mendoakan pendirian Politeknik Negeri Kolaka dapat segera terwujud.

“Kita berdoa saja di Kolaka cepat berdiri,” kata Azhari, Rabu (4-12-2019).

Menurutnya, rencana Pemerintah Kabupaten Kolaka untuk mendirikan Politeknik Negeri Kolaka bisa saja. Namun, banyak hal yang perlu dipedomani untuk mendirikan perguruan tinggi.

“Kalau tahun 2021 mau didirikan itu bisa, tapi itu urusannya panjang. Karena sampai hari ini moratorium pendirian perguruan tinggi belum dicabut. Nda tahu kalau Januari,” terangnya.

Kata dia, dengan berlakunya moratorium tersebut, pendirian perguruan tinggi tidaklah mudah.

“Yang mau buat PTN baru itu bukan hanya disini. Di Palopo, Universitas Andi Jema belum juga, di Nunukan Poltek yang sudah lama berdiri dibawah naungan Politeknik Negeri Samarinda belum juga diresmikan, bahkan sampai pembentukan fakultas baru saja itu masih kena moratorium. Kita berdoa saja di Kolaka cepat,” jelas Azhari.

Terkait rencana Politeknik Negeri Ujung Pandang yang akan membuka kelas perkuliahan di Kabupaten Kolaka pada 2020 mendatang, Azhari menilai yang bisa dilakukan oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang hanya Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

“Yang bisa dilakukan itu hanya PJJ dan PSDKU. Itupun harus ada ijin dari Kementerian. Selain itu prodi induknya harus akreditasi A, kalau bukan A maka tidak boleh,” kata pria yang telah 16 tahun memimpin perguruan tinggi itu. (Azhar)

Comment