by

BPN Kota Kendari Sukses Jadi Tuan Rumah Pembagian Seribu Sertipikat Tanah

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kendari sukses menjadi tuan rumah pembagian 1.000 (seribu) Sertipikat Tanah kepada warga Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan di Lapangan Benubenua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Senin 9 Desember 2019 yang diberikan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi SH.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sulawesi Tenggara, Kalvyn Andar Sembiring dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pelaksana dalam hal ini tim kerja BPN Kota Kendari, baik panitia maupun kantor pertanahan yang dilibatkan dalam pembagian sertipikat program PTSL.

“Di Sultra kita telah menerbitkan 88.284 sertipikat tanah, dan telah memetakan sebanyak 114.359 petak tanah dan konsolidasi 100 bidang tanah, ini merupakan program nasional sangat perlu dukungan dari pemerintah setempat,” ucapnya.

Menurut Kalvyn, BPN Sultra juga telah meyelesaikan konsolidasi tanah sebesar 100 bidang, sertifikasi barang milik negara sebanyak 11 bidang, usulan hak pengelolahan transmigrasi seluas 1.592 Hektar dan redistribusi tanah bagi para petani 31.372 bidang.

“Kegiatan hari ini adalah penyerahan sertipikat hasil kegiatan PTSL Tahun 2019, penyerahan ini telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Maret 2019 di Kendari sebanyak 2.000 bidang untuk warga di wilayah 17 kabupaten/ kota di Sultra,” jelasnya.

Pembagian 1.000 (seribu) sertipikat itu dibagikan kepada 800 sertipikat dari tiga kelurahan, diantaranya Kelurahan Rahandouna 350 bidang, Kelurahan Watulondo 250 bidang, dan Kelurahan Punggolaka sebanyak 200 bidang, selanjutnya dari BPN Konawe sebanyak 100 bidang untuk warga Desa Talaga Biru dan BPN Konawe Selatan diberikan 100 bidang kepada warga Desa Mowila.

Kepala Kantor BPN Kota Kendari, Irwan Idrus mengatakan, pembagian sertipikat itu, sekaligus menjalankan program lainnya yang diamanahkan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang yaitu pemberdayaan masyarakat dengan mengagunkan sertipikat untuk modal usaha rakyat.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus (tengah)

“Seperti di Kasilampe kita sertipikatkan 100 bidang tanah, yang diprioritaskan untuk warga yang sudah punya usaha. Jadi seratus warga yang sudah bentuk kelompok usaha mereka kita fasilitasi untuk dapat bantuan pembiayaan, kita kerjasama dengan BRI Cabang BayPass,” urainya menjelaskan.

Laporan : Hendriansyah

banner 712x400

Comment

Topik Hari Ini