by

Cakades Latugho ini Tawarkan Pengelolaan Dana Desa dengan Sistem Ekonomi Kerakyatan

LAWORO, TOPIKSULTRA.COM – La Nalisa, salah satu calon Kepala Desa Latugho yang berkeinginan merubah wajah Desa Latugho, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Perubahan paling penting menurutnya adalah melalui ekonomi kerakyatan.

“Pertama kita awali niat dengan baik untuk membangun. Agar ada perubahan yang signifikan di kampung kita,” ungkapnya.

Menurut La Nalisa, Desa Latugho memiliki beberapa potensi yang bisa diandalkan, yakni pada sektor Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Pariwisata dan beberapa sektor pendukung lainnya. Sektor-sektor tersebut jika diprogres oleh pemerintah maka dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kita punya modal dasar, yaitu dana desa. Tinggal kita skenario di pemerintahan. Kalau dana desa semua kita manfaatkan untuk belanja konsusmsi. Maka masyarakat tetap sulit berkembang. Tapi kalau kita fokuskan pada belanja produksi ekonomi masyarakat, maka ekonomi masyarakat kita pasti akan baik,” paparnya.

Besar harapan La Nalisa, ekonomi masyarakat dalam desa bisa setara dengan standar kelayakan hidup. Khususnya untuk masyarakat petani, yang jumlahnya dominan.

“Masyarakat petani sangat membutuhkan pemetaan dari pemerintah. Bahkan mulai dari perkara dasar seperti SDM, hingga bicara sektor produksi dan pasarnya. Disinilah pemerintah hadir,” ujarnya.

Jika terpilih, La Nalisa juga akan merangkul generasi intelektual dalam desa, agar ikut andil dalam menata pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan. (La Ode Pialo)

Comment