by

Peringati Hari Ibu, Pemda Bombana Gelar Lomba Masak ‘Sinole’

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM-Dalam Rangka memperingati hari Ibu yang ke-91, Pemerintah Kabupaten Bombana mengelar lomba memasak Sinole, di Auditorium Kantor Bupati Bombana, Jumat, 20 Desember 2019.

Lomba tersebut diikuti oleh Dewan Perwakikan Rakyat Daerah(DPRD) Bombana dan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

banner 720x527

Pantauan TopikSultra.com, seluruh perserta sangat antusias dan berusaha semampunya untuk menjadi juara. Tak heran nama unik dari olahan sinolenya turut menjadi daya tarik tim penilai untuk mencoba rasanya.

Seperti halnya Polres Bombana yang mengangkat nama Sinole Kambtibmas, Sinole Asmara (Aspirasi Masyarakat) buatan Dprd Bombana, Sinole Revolusi digital 4.0 olahan Diskominfo, Sinole Cerdas buatan Dikbud Bombana dan Sinole Jamila (informasi ibu melahirkan dan bayi) fersi Dinkes Bombana serta lainya.

“Sinole Anti Korupsi. Jadi sambil makan sinole kita lawan korupsi,” ucap Kepala Inspekturat Bombana, Man Arfa yang sekaligus PJ Sekda Bombana.

Namun rasa dari olahan sinole tersebut tetap menjadi yang utama. Hingga kegiatan tersebut selesai, Balitbang dengan no meja 14, oleh tim penilai dinyatakan unggul dan menjadi juara satu lomba tersebut. menyusul Nakertrans Bombana dengan No meja 26, dan Diskominfo dengan no meja 4 dipercaya menjadi juara tiga.

Selanjutnya DP3A, Dinas sosial, dan Dinas Perikanan, didaulat menjadi juara harapan satu hingga tiga.

Sementara itu, Bupati Bombana Tafdil, mengapresiasi seluruh OPD yang berhasil mengolah olahan sinole kedalam bentuk dan rasa yang berbeda. Menurutnya olahan ini suda ada sejak dulu dan dikenalnya sebagai masakan khas Ibu.

“Saya tadinya menganggab cuma saya yang bisa bikin sinole dengan fersi baru, tapi ternyata mereka juga hebat, enak variatif. Luar biasa kereatifitas OPD,” ucapnya usai acara lomba.

Namun dengan begitu, Tafdil mengatakan hal ini adalah salahsatu poin penting dalam memperingati hari ibu. Kata dia, agar kita lebih menghargai dan menghormati jasa ibu dalam keluarga.

“Ternyata memang pekerjaan ibu-ibu berat, Dengan ini kita tau mereka luar biasa. Kalau ibu ini tidak ada, susah kita semua, kita cuma masak satu resep saja sudah setengah mati. Apa lagi kalau setiap hari.Ibu memang luar biasa.Selamat hari Ibu,” urainya.

Untuk diketahui, Sinole adalah makanan olahan Khas Sulawesi Tenggara, yang bahan baku utamanya adalah Sagu.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini