by

Wali Kota Kendari Serahkan 312 Sertipikat Tanah di Kendari Caddi

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyerahkan 312 Sertipikat kepada warga dari tiga kelurahan, Kelurahan Kendari Caddi 59 Sertipikat, Kelurahan Kasilampe 88 Sertipikat dan Kelurahan Jati Mekar sebanyak 165 Sertipikat, Kamis 26 Desember 2019.

Penyerahan sertipikat itu merupakan realisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan Kota Kendari, yang sebelumnya juga diserahkan oleh Gubernur Sultra pada tanggal 9 Desember 2019 kepada 800 warga Kendari dari total 6.500 sertipikat yang disalurkan sepanjang Tahun 2019.

banner 720x196

“Kami Pemerintah Kota Kendari sangat berterimakasih kepada Kantor Pertanahan Kota Kendari telah memudahkan masyarakat mengurus sertipikat tanah sangat cepat dan murah,” ucapnya saat memberikan sambutan saat menghadiri penyerahan sertipikat di Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari Barat, Kamis 26 Desember 2019.

 

Menurut Sulkarnain, bukan menjadi rahasia umum di tahun tahun sebelumnya pengurusan sertipikat tanah merupakan urusan yang paling rumit dihadapi warga, dan waktu terbitnya juga cukup lama.

“Dulu urus sertipikat tanah susah, kalaupun bisa, lama baru terbit, sekarang alhamdulillah cepat dan masyarakat dapat manfaat juga dari sertipikat. Tapi saya titip pesan, kalau sertipikatnya diaguhkan ke bank, harus betul betul untuk usaha jangan uangnya digunakan untuk konsumtif,” tambah Sulkarnain.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus mengatakan, di Tahun 2019 telah menyelesaikan sertipikat untuk 6.500 bidang tanah dan Tahun 2020 BPN Kota Kendari ditargetkan menyelesaikan 17.600 bidang tanah.

“Kami meminta melalui Bapak Wali Kota agar perangkat perangkat kelurahan supaya bisa membantu program Kantor Pertanahan,” ucapnya.

Irwan Idrus menjelaskan, program PTSL merupakan program yang paling banyak berinteraksi dengan Kantor Kelurahan dalam hal urusan pertanahan dan akses ke masyarakat, lurah memiliki peran yang sangat strategis.

“Kami tahu, bahwa lurah pasti tahu lepemilikan tanah masyarakatnya dan untuk legalisasi aset itu memerlukan alashak atau tanda bukti hak atas tanah yang dibuat oleh lurah. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada OPD dan lurah se Kota Kendari yang mendukung program PTSL sepanjang 2019 sehingga target kami terealisasi 100 persen,” tambahnya.

Untuk diketahui, penyerahan sertpikat tanah oleh BPN Kota Kendari ini, dirangkaiakan dengan penyaluran bantuan Mobil Pendingin Ikan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kendari kepada Kelompok Kopersi Serba Usaha, Adi Jaya Lestari, serta penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Kota Kendari.

Laporan: Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini