by

Bawaslu Wakatobi Ingatkan KPU, Potensi Pelanggaran pada Perekrutan PPK

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Bawaslu Kabupeten Wakatobi memperkuat koordiansi dengan berkunjung ke KPU Wakatobi, Senin 20 Januari 2020, menghadapi perekrutan hari kedua Panitia Pemilihan Kecamatan Pilkada Kabupaten Wakatobi.

“Kami mengingatkan kepada KPU Wakatobi bahwa ada beberapa kerawanan yang berpotensi terjadi pada pembentukan PPK,” tulis Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antara Lembaga, Bawaslu Kabupaten Wakatobi Arfis SP kepada TOPIKSULTRA.com (20/1).

banner 720x527

Menurut Arfis, potensi yang dimaksud adalah mengantisipasi adanya calon anggota PPK masih terindikasi sebagi pengurus/anggota Parpol, keluar sebagai pengurus/ partai tetapi belum cukup lima (5) tahun, belum cukup umur, menjabat du periode berturut turut, terikat dalam tali perkawinan sesama penyelenggara, pernah diberhentikan tidak hormat oleh DKPP, serta calon PPK bukan merupakan penduduk di wilayah kerja PPK.

“Semua dimaksudkan agar Anggota PPK terpilih hasil seleksi yang dilakukan oleh KPU adalah orang orang yang memenuhi syarat, memiliki kompetensi dan Integritas yang tidak diragukan lagi, perlu juga kami sampaikan, bahwa KomisionerĀ  KPU Wakatobi pada pertemuan tadi mengapresiasi koordinasi ini dapat diwujudkan, tujuannya agar Pemilu 2020 kita berintegritas,” jelasnya.

Seusai berkoordinasi dengan KPU Wakatobi, Bawaslu melanjutkan dengan kegiatan supervisi ke Panwascam Kecamatan Wangi -Wangi, guna meningkatkan kemampuan dalam mengawasi Tahapan Pilkada Wakatobi Tahun 2020 terutama di wilayah kerjanya.

“Beberapa hal yang dilakukan Bawaslu Wakatobi dalam supervisi ini adalah memberikan bimbingan Pengisian Formulir A yang merupakan alat kerja pengawasan utama bagi pengawas Pemilu, memperkenalkan Alat Kerja Pengawasan Pertahpan,” tambahnya.

Masih Arfis menuturkan, Bawaslu Wakatobi juga mendorong agar Panwascam pro aktif melakukan pencegahan melalui surat himbauan seperti Himbauan Netralitas bagi ASN dan TNI/ POLRI serta menyerukan himbauan lewat Medsos, Media Online serta media massa, serta mengintesifkan koordinasi dengan semua komponen terutama mitra pengawasan di wilayah kerjanya.

“Bawaslu Wakatobi juga mengingatkan ke Komisioner Panwascam Wangi-Wangi agar dalam bertugas memperhatikan Etika Penyelengara Pemilu di dalam menyelenggarakan Pilkada Wakatobi 2020 terutama dalam melakukan pengawasan,” himbaunya menjelaskan.

Laporan: Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini