by

Bupati Kolaka: ASN Jadi Calo CPNS, Saya Pecat

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengancam akan memecat aparatur sipil negara (ASN), yang terbukti terlibat sebagai calo Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemkab Kolaka.

Hal itu ditegaskan bupati, dihadapan para pejabat daerah Kolaka, saat membuka rapat kordinasi dan sosialisasi sensus penduduk 2020, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Senin (27/1/2020).

banner 720x527

Menurut bupati, jika ada CPNS yang masih tergiur dengan iming-iming oknum calo, yang mengiming-imingi bisa mengurus kelulusannya, dengan membayar sejumlah uang, maka orang tersebut sangat bodoh.

Menurutnya, seleksi CPNS saat ini berlaku transparan, dimana hasil test dapat langsung dilihat secara online. “Jadi, bagaimana bisa bermain,” katanya.

Menurutnya, modus permainan calo PNS sebenarnya hanya spekulasi. Awalnya, oknum tersebut meminta nomor test beberapa CPNS, dan menjanjikan bisa menguruskan kelulusan. Padahal, oknum yang bersangkutan hanya tidur-tidur di rumah, sambil menunggu pengumuman. Oknum calo tersebut berharap, dari 20 orang yang menitip nomor test, ada salah satunya yang lulus. “Lumayan dapat uang, padahal lulusnya bukan karena dia yang urus, tapi lulus murni,” tuturnya.

Seleksi CPNS lingkup Pemkab Kolaka dilaksanakan mulai Senin (20/1/2020), di Aula BKD Kabupaten Kolaka. Tercatat, sebanyak 5.192 peserta CPNS yang mengikuti seleksi untuk menduduki 193 formasi.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini