by

Dinkes Mubar akan Pasang Pendeteksi Suhu Badan di Bandara Sugimanuru

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM — Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar), akan memasang alat pendeteksi suhu badan di Bandara Sugimanuru. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona┬ámasuk melalui moda transportasi udara.

Kadis Kesehatan Mubar, Hidayat NS mengaku, pihaknya telah menganggarkan pembelian alat tersebut. “Ini sangat penting untuk mengantisipasi kemungkinan. InsyaAllah, dalam waktu dekat, alatnya sudah ada,” katanya kepada topiksultra.com, Rabu (29/1/2020).

banner 720x527

Mantan Dirut Rumah Sakit Mubar ini, juga menghimbau kepada warga Mubar yang bekerja di perusahaan tambang agar selalu waspada dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok. Karena virus corona berasal dari kota Wuhan China, dan kini menjadi momok yang menakutkan. “Warga Mubar juga ikut was-was dengan munculnya kasus virus corona,” katanya.

Menurutnya, Kehawatiran tersebut beralasan, mengingat jumlah TKA asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tambang di Sultra, seperti di PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) Kabupaten Konawe, Morosi, jumlahnya mencapai ribuan.

“Harus selalu waspada, karena virus ini sangat berbahaya, apalagi tersebar lewat pernapasan,” ujarnya.

Langkah antisipasi berikut, Hidayat mengaku akan berkordinasi dengan pihak perhubungan, terkait jalur-jalur masuknya orang baru di wilayah Muna Barat, khususnya di Bandara Sugimanuru dan di Pelabuhan Tondasi.

Laporan: Laode Pialo

Comment

Topik Hari Ini