by

Distan Bombana Bangkitkan Petani Millenial

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM—Dinas Pertanian Kabupaten Bombana siap membangkitkan petani millenial di daerah tersebut.

Karena itu, tahun 2020 Distan Bombana memprioritaskan pemberian bantuan khusus petani millenial. “Khusus anak muda produktif yang gemar menanam tanaman hortikultura kita siapkan bantuan bibit, pupuk serta pendampingan,” kata Kadis Pertanian Bombana, Andi Nur Alam, kepada TOPIKSULTRA.com, di ruangannya, Kamis (9/1/2020).

banner 720x527

Untuk membantu petani millenial tersebut, Distan Bombana akan mengalokasikan anggaran dari APBD 2020 dan sasaran akan tersebar di setiap Kecamatan. Adapun ragam tanaman yang bisa dikembangkan, akan dilihat sesuai kondisi dan tekstur tanah di tiap wilayah. “Misalnya cabe, tomat itu di wilayah Poleang, bawang di Lantari Jaya dan Tarowatu Utara. Itu juga akan membawa brand daerahnya,” katanya.

Andi Nur Alam optimis akan bangkitnya petani millenial di wilayah tersebut. Sebab sudah ada beberapa kelompok petani yang berhasil mengembangkan hortikultura yang dipelopori generasi muda. “Saya suka anak muda yang berinovasi. Karena itu kita akan beri bantuan pada mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia pertanian,” ucapnya.

Adapun bagi yang belum terdaftar, Andi menyarankan agar segera membuat kelompok tani, kemudian dilaporkan ke dinas melalui PPL.”Yah daftar dulu,”katanya.

Untuk memastikan program tersebut berhasil, Distan akan fokus melakukan pendampingan dan monitoring sejauh mana perkembangan program ini. “Caranya setiap bulan kita panggil PPL rapat koordinasi untuk evaluasi kinerja mereka dilapangan,” katanya seraya berharap, agar kedepan kelompok tani yang sudah terbina dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada kelompok lain yang baru akan bertani.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini