by

Hadiri Festival di Desa Dete, Muh Ikbal Harap Pemerintah Wakatobi Terus Dorong Potensi Lokal Daerah

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Anggota DPRD Kabaupaten Wakatobi turut menghadiri Festival Kuliner dan Atraksi Panjat Tebing di Desa Dete, Kecamatan Tomia Timur, Rabu (8/1).

Salah satunya Muhammad Ikbal. Legislator dari Dapil Tomia ini menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggara festival. Menurutnya, kegiatan itu sangat berdampak positif terhadap perekonomian desa. Menyajikan berbagai macam kuliner khas daerah bisa memicu pertumbuhan ekonomi baru.

banner 720x527

“Ini bagus, karena potensi lokal seperti kuliner bisa mendongkrak kunjungan wisata ke Desa Dete,” ucapnya kepada TOPIKSULTRA.com.

Menurut politikus muda PAN ini Desa Dete memiliki potensi wisata seperti medan panjat tebing, sehingga bisa menjadi daya tarik lainnya ketika dikembangkan.

“Seperti hari ini, komunitas panjat tebing melakukan aksi, ini patut kita berbangga. Tidak semua desa di Tomia seperti ini, ketika dikelola baik akan berdampak besar untuk masyarakat,” tambahnya.

Mantan Ketua Fosmat Kendari ini menambahkan, item wisata kuliner dan panjat tebing merupakan paduan wisata lokal Desa Dete yang jauh melebihi potensi lainnya seperti desa desa tetangga.

“Ini keren, perlu didukung dengan promosi dan peningkatan ifrastruktur wisata, Desa Dete akan jauh lebih maju ketika dikembangkan jadi desa wisata,” urainya menjelaskan.

Ikbal mengharpkan kombinasi Pemerintah Wakatobi dengan Pemerintah Desa setempat agar pengeloaan wisata dapat terkonsentrasi secara maksimal.

“Kita harapnya seperti itu, saya juga sudah komunikasi dengan camat dan kepala desa agar momen-momen seperti ini tidak hanya pada saat festival, setiap hari bila perlu. Ini bisa terjadi, kalau semua infrastruktur pendukung sudah tuntas,” tutupnya. (hm)

Comment

Topik Hari Ini