by

HIPMAWANGI Kendari Sasar Lima Sekolah Sosialisasi Pengenalan Kampus

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Himpunan Pelajar Mahasiswa Wangi-Wangi (HIPMAWANGI) Kendari Periode 2019-2020, melakukan kegiatan Sosialisasi Ponamisi dengan tema ‘Menciptakan Generasi Intelektual dan Beretika’ yang digelar di lima sekolah di pulau Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), 15 hingga 18 Januari 2020.

Kegiatan sosialisasi yang digelar selama empat hari berturut-turut di lima sekolah yakni, Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Wakatobi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Wangi-Wangi, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Wangi-Wangi, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Wangi-Wangi, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Wangi-Wangi.

banner 720x527

Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa Wakatobi di Kendari ini melalui Bidang Pendidikan dan Penalaran berkontribusi di kampung halaman dengan memberikan motivasi serta gambaran tentang dunia kampus setelah melanjutkan sekolah nantinya.

“Latar belakang dilakukannya kegiatan sosialisasi agar adik-adik kami bisa mengetahui proses masuk pada dunia pendidikkan universitas atau menjadi seorang mahasiswa,” kata salah satu anggota Hipmawangi, La Ode Muh Zulfitra.

Sosialisasi ini difokuskan pada siswa kelas III SMA/SMK yang akan melakukan Ujian Nasional dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Adik-adik dalam memilih jurusan sudah harus dipikirkan dengan matang tentang tujuan yang akan mereka tempuh,” jelasnya melalui pesan singkat WhatsApp kepada TOPIKSULTRA.com, Kamis, (23/01/2020).

Selain materi tentang perkuliahan, informasi seputar kemahasiswaan maupun motivasi dan dorongan untuk mengetahui lebih lanjut tentang dunia kampus juga mereka berikan, terutama informasi tentang pendaftaran di perguruan tinggi, cara menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SMMPTN atau biasa dikenal sebagai jalur undangan untuk menyeleksi kita sampaikan,” tambahnya.

Foto bersama usai Sosialisasi Ponamisi HIPMAWANGI Kendari di salah satu sekolah di Pulau Wangi Wangi, Wakatobi. FOTO: IST

Saat sosialisasi, kata Zulfitra ada beberapa siswa yang ingin tahu bagaimana jadi mahasiswa, maka dengan adanya wadah ini, bisa dibimbing sehingga jika tiba diperantauan nanti tidak mengalami kebingungan.

Sekretaris HIPMAWANGI, Muh Ari Maskur berharap, semoga kegiatan Sosialisasi Ponamisi yang pertama kali digelar pada Tahun 2020 ini, bisa memberikan manfaat untuk para siswa yang berencana masuk ke perguruan tinggi.

Wakil Ketua HIPMAWANGI, Salfeni menghimbau, bagi siapapun yang akan melanjutkan sekolahnya di kota Kendari akan difasilitasi berupa petunjuk dan bimbingan dari HIPMAWANGI.

“Saya mewakili ketua dan teman-teman, akan memberikan kontribusi untuk adik-adik kami yang akan melanjutkan pendidikannya dan kami akan menjadi wadah untuk adik-adik yang ada di Kabupaten Wakatobi,” terangnya.

Laporan: Ode Nafi

Comment

Topik Hari Ini