by

Jalan Penghubung Kolohipo-Badewi Segera Dibangun

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Kolaka segera membangun jalan penghubung Kolohipo, Kelurahan Laloeha sampai di Jalan Badewi, Kelurahan Balandete.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kolaka, Samsul Kadar menyebutkan, pembangunan jalan yang menghubungkan Kelurahan Laloeha dan Kelurahan Balandete itu akan dimulai tahun ini. Rencananya, pemerintah akan membangun jalan sepanjang 100 meter di wilayah tersebut.

banner 720x527

Menurutnya, jalan penghubung di kawasan itu sudah sepatutnya dibangun, sebab merupakan wilayah padat penduduk. Selain itu, dibangunnya jalan penghubung tersebut dinilai dapat mengurai kemacetan.

“Kalau misalnya ada yang buntu atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di sekitar Stadion Konggoasa, ada alternatif jalan bisa dialihkan ke situ,” sebutnya.

Pemkab Kolaka, kata Kadar, menyadari bahwa dibangunnya jalan penghubung tersebut akan berdampak pada sebagian rumah warga setempat. Namun, apabila ada rumah warga yang betul-betul terkena dampak, pemerintah menegaskan tidak akan menutup mata.

“Jangan karena kita mau bangun jalan, langsung gusur saja, tidak begitu,” katanya.

Saat ini, pembangunan jalan penghubung itu masih dalam tahap perencanaan. Pemkab Kolaka belum menyiapkan anggarannya. “Baru kita pasang patok merah,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat setempat sukarela dibuatkan jalan, sebab jalan tersebut akan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri.

Camat Kolaka, Amry menambahkan, dari hasil tinjauan di wilayah itu, setidaknya empat rumah akan terkena dampak pembangunan jalan penghubung tersebut. Kata dia, rencana pembangunan jalan penghubung mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat.

“Insyaallah itu sudah on progress,” ujar mantan Kabag Humas Setda Kolaka itu.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini